Perayaan Paskah di Berbagai Negara

Selamat Paskah!

Selamat Paskah!

Setiap negara mempunyai tradisi sendiri yang unik dalam perayaan hari-hari besar mereka, termasuk perayaan keagamaan. Perayaan Paskah di berbagai negara memiliki tradisi sendiri seperti menghias telur,membaca novel thriller,berdandan seperti penyihir sampai berparade di jalanan. Sedangkan perayaan Paskah di negara kita identik dengan mencari dan menghias telur . Dirangkum dari beberapa sumber inilah perayaan Paskah di beberapa negara

Seville, Spanyol

Seville memiliki 52 persaudaraan keagamaan yang berbeda dan gemar berparade di jalanan untuk merayakan pekan penyaliban. Prosesi ini berlangsung selama 24 jam yang puncak acaranya adalah perayaan kebangkitan dengan menari-nari di jalanan, melempar bunga, serta memakan kue manis tradisional Seville.

Swedia
Perayaan Paskah di Swedia di mulai sejak hari Sabtu. Pada hari itu, anak-anak akan berdandan seperti penyihir. Mereka lalu memberikan surat dan kartu pada orang tua mereka yang sudah memberikan telur dan permen sehari sebelumnya. Di hari Minggu, semua orang akan melakukan tradisi makan bersama keluarga. Mereka akan menyantap telur, ikan, dan Jansson Temptation (kentang, bawang dan acar sarden panggang dalam krim).

Norwegia
Norwegia memiliki tradisi yang unik dalam merayakan Hari Paskah. Mereka mempunyai musim yang dikenal sebagai ‘Easter-Crime’ atau Paaskekrim. Perayaan Paskah pun banyak dimanfaatkan masyarakat Norwegia untuk membaca buku-buku misteri atau novel yang hanya keluar pada hari Paskah. Tapi ada juga yang menonton serial detektif yang ditayangkan di televisi nasional. Bahkan sebagian besar stasiun televisi mengubah jadwal mereka sehingga hanya menampilkan film seri pembunuhan saat hari Paskah. Tradisi ini ternyata sudah berlangsung sejak tahun 1923.

Yunani

Yunani
Perayaan Paskah di Yunani, diadakan prosesi umum. Partisipan perayaan membawa telur berwarna merah (warna merah sebagai simbol darah Kristus). Setiap orang dengan pelan-palan menepukkan telurnya dengan telur milik orang lain, sambil berucap: ” Kristus telah bangkit” dan orang yang lain menjawab,”Ya betul. Dia telah bangkit.”

Amerika Serikat

Amerika Serikat
Di Amerika Serikat, saat Paskah warganya akan berdandan dengan baju terbaiknya kemudian pergi ke gereja. Paskah di Amerika didominasi oleh permen dan cokelat. Bahkan di Washington DC, sejak 1878 ada tradisi bahwa gedung putih akan membuka halamannya yang telah dipenuhi telur-telur paskah berisi cokelat dan boleh diambil oleh anak-anak.

Perancis

Perancis
Di negara Menara Eiffel ini memiliki tradisi unik perayaan Paskah yang sudah berlansung cukup lama, yaitu lonceng gereja yang ada di sana tidak akan berbunyi selama tiga hari Paskah. Padahal, lonceng geraja di Perancis tidak pernah berhenti berbunyi sepanjang tahun. Menurut legenda, selama tiga hari Paskah, lonceng sedang melakukan perjalanan ke Roma untuk diberkati dan akan kembali pada Minggu Paskah lalu menyebarkan cokelat dan telur ke seluruh kebun. Saat pulang dari gereja, anak-anak akan berlomba mencari telur dan cokelat di kebun rumah mereka.
Di Haux, Paris, juga ada tradisi unik setiap merayakan Paskah, yaitu disediakannya omelet raksasa yang terbuat dari sekitar 4.500 telur ayam. Omelet raksasa yang diletakkan di tengah alun-alun Haux ini bisa dimakan oleh lebih dari 1.000 orang.

Mesir

Mesir
Pada Minggu Paskah, gereja-gereja di Mesir dihiasi dengan bunga dan pohon palem. Selepas berdoa di gereja anak-anak akan diberi daun palem yang diberkati dengan air suci. Minggu Paskah dihabiskan mengunjungi teman dan kerabat, juga ada makan malam Paskah khusus di sore hari.

Begitu banyak cara yang di lakukan untuk merayakan kebangkitan Yesus dari kematian. Semoga melalui perayaan itu kita semakin sadar bahwa begitu besar pengorbanan-Nya untuk kita. Dan kita tidak kehilangan makna dari perayaan itu sendiri.

Selamat Paskah  !!!

(Reni Silaen)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s