Roh Kudus Lebih dari Sebatas Roh

pentakosta

Setiap tahun kita umat nasrani merayakan hari Pentakosta atau hari kelima puluh setelah kebangkitan Yesus Kristus .  Kata  “pentakosta”  berasal dari kata Yunani  ”pentekostes”  yang  berarti hari kelima puluh.  Hari Pentakosta merupakan hari dimana  Roh Kudus  dicurahkan sebagai pengenapan janji  Yesus sebelum naik ke sorga.

Pada hari Pentakosta pertama Roh kudus turun dalam bentuk lidah-lidah seperti nyala api kepada murid-murid Yesus. Roh kudus bekerja memenuhi hati murid-murid Yesus . Seperti  Petrus yang  sebelumnya menyangkal Yesus diubah oleh Roh kudus  menjadi pribadi yang berani menyampaikan injil didepan ribuan orang. Roh kudus juga bekerja pada hati setiap orang yang percaya.

Banyak pandangan dan pemikiran tentang Roh kudus, mulai dari hanyalah sebatas Roh, kuasa dan yang lainnya . Sebenarnya siapakah Roh kudus itu ???

  1. Dia adalah pribadi

Roh Kudus itu adalah pribadi surgawi yang hidup, dan  individual dengan kepribadian. Dia lebih dari sekedar suatu kekuatan atau kuasa. Kepribadian Roh Kudus dapat dilihat dari sifat-sifatNya. Sifat-sifat Roh Kudus menunjukkan bahwa Dia bukan hanya sebuah tenaga.

Dia dapat melakukan hal-hal seperti : mengajar dan mengingatkan (Yoh 14:26), bersaksi (Yoh15:26), memimpin kepada kebenaran (Yoh 16:13),berbicara (1 Tim 4:1),bersekutu (2 Kor 13:14),memimpin (Lukas 4:1; Roma 8:14) dan banyak lainnya.

2. Dia adalah Ilahi

Roh Kudus adalah Ilahi yang memiliki sifat Bapa dan Anak seperti  kekekalan, omnipresent (ada dimana-mana), omnipotent ( maha kuasa), omniscient (maha tahu ) dan melakukan pekerjaan yang hanya dapat dilakukan Allah.

3. Dia adalah anggota ke-Allah-an

Roh Kudus adalah Allah, “Pribadi” ketiga dari Trinitas. Sebagai Allah, Roh Kudus dapat betul-betul berfungsi sebagai Penghibur dan Penasehat yang Yesus janjikan (Yohanes 14:16, 26; 15:2

Dapat disimpulkan  bahwa Roh kudus adalah pribadi yang hidup, iilahi dan Allah yang kita kenal dalam Trinitas. Dia yang selalu menuntun kita jika kita mau mendengar suara-Nya dan mengubah hati yang tidak percaya menjadi percaya . Dia juga yang memenuhi hati kita . (Reni Silaen)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s