Touring Eksternal Obkial 2015

    IMG_9945

Syalom PMKers!, Kali ini kita mau ngomongin salah satu proker hangat dari anak-anak teater OBKIAL nih, yaitu “Touring Eksternal Obkial 2015”. Touring eksternal ini bermaksud untuk mengajak semua anggota PMK untuk jalan-jalan bersama anak teater OBKIAL dan menikmati keindahan alam bersama keakraban keluarga PMK itu sendiri. Touring eksternal tahun ini jatuh pada tanggal 26 Juni 2015, dimana diikuti oleh anggota PMK dari berbagai angkatan.

            Touring Eksternal Obkial kali ini  bertujuan ke Curug Lawe, Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah. Curug Lawe adalah air terjun yang berada di Kawasan Gunung Ungaran di Semarang. Di Curug Lawe airnya benar-benar bersih dan tentu kondisi alam di sekitarnya sangat indah. Curug Lawe dan Benowo berada disebelah utara anak-anak Gunung Ungaran dan menjadi hulu Kali Banjir Kanal Barat atau Kali Garang di kota Semarang. Disebut Curug Lawe karena air yang jatuh dari tebing curam itu terlihat bagai benang-benang putih, yang dalam bahasa jawa disebut lawe. Versi lain menjelaskan dinamakan Curug Lawe karena konon jumlah air terjun yang ada, baik dari yang besar hingga yang terkecil berjumlah 25 buah yang dalam bahasa jawa Selawe.

            Perjalan Touring dimulai pada pukul 10 pagi dengan perjalan selama 1 setengah jam yang cukup panas menyampaikan kami di Curug Lawe sekitar jam setengah 12. Namun walaupun cuaca panas, udara di daerah Curug Lawe itu sendiri cukup dingin dengan angin yang berhembus. Sesampainya di Curug Lawe hanya dengan membayar uang masuk sebesar 4.000 rupiah dan uang parkir motor 2.000 rupiah permotornya kami sudah dapat menikmati keindahan Curug Lawe. Namun, untuk dapat mencapai air terjun Curug Lawe sendiri kita harus berjalan sekitar 1 jam di medan datar maupun naik dan turun. Walaupun cukup sulit namun tidak menurunkan niat kami untuk menikmati keindahan Curug Lawe ini.

            Sebelum sampai ke air terjun Curug Lawe, para PMK melewati salah satu spot yang menjadi banyak perbincangan para traveler semarang yaitu “Jembatan Romantis”. Sepanjang jembatan tersebut ternyata dibawahnya adalah aliran air. Jembatan tersebut berfungsi menyebrangkan aliran air sekaligus sebagai jalan, karena dibawahnya berdiri tiang pancang dari besi yang menyangganya.
IMG_9764

         Setelah melewati “Jembatan Romantis” kita memasuki medan pendakian dan turunan yang cukup menguras tenaga, namun sekali lagi ini tidak akan menurunkan semangat kami untuk mencapai Curug Lawe, bahkan para PMKers cukup menikmati perjalanan ke air terjun Curug Lawe itu sendiri karena suasana yang rindang dan banyaknya spot spot indah untuk berfoto maupun ber-selfie ria.
IMG_9840

            Setelah perjalan yang cukup jauh, sampailah akhirnya langkah kaki kami ini di sebuah air terjun dengan sisi tebing yang oval dengan ketinggian lebih dari 40 meter, Semua penjuru tebing penuh dengan lelehan air yang mengucur mengelilingi curug. Derasnya aliran air yang menghantam batuan dibawahnya menimbulkan buih-buih yang apabila terkenan sinar matahari membentuk pelangi yang indah. Sungguh menarik dan unik bukan?. Namun perlu diperhatikan, banyak sekali Kayu-kayu gelondongan maupun ranting nampak menggonggok didasar air terjun. maka dari itu ada banyak sekali PERINGATAN untuk tidak mandi di bawah air terjun, karena sangat berbahaya, apalagi saat musim hujan, bisa saja material dari atas tebing terjun bebas menuju dasar. Nah, ada baiknya menikmati keindahan alam ini dengan cara yang santun, jangan tingalkan apapaun termasuk sampah. Walaupun banyak sekali tempat sampah yang sudah disediakan pengurus, lebih bijak lagi bila membawa pulang sampah kamu.

            Setelah cukup puas menikmati keindahan Curug Lawe kami melangkahkan kaki dan turun untuk menyudahi perjalan Touring Eksternal Obkial 2015 ini. Dalam penutup kegiatan ini tak lupa kami berfoto di palang penanda Curug Lawe untuk mengabadikan moment ini, dan ditutup dengan sepatah dua kata dari pihak teater OBKIAL dan iringan doa, kami melangkahkan kaki untuk berangkat pulang dari Curug Lawe, karena perut yang telah lapar kami singgah di Super Penyet, Banyumanik untuk memuaskan rasa lapar dan dahaga kami barulah pulang ke tempat kediaman kami masing-masing dan menyelesaikan acara Touring Eksternal OBKIAL 2015.

“apa gunanya IPK cumlaude, kalau ngga menikmati indahnya Indonesia?”- TMC (penulis)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s