5 Fakta Tentang Guru yang Jarang Disadari

happy_teacher_day Syalom Pmkers.. selamat hari senin ….

Masih ingat masa-masa indah di sekolah dulu ?. Seperti nongkrong di kantin waktu guru ga masuk, datang cepat-cepat ke sekolah cuma mau nyalin PR, berdiri didepan kelas karena ngak ngerjain PR atau bahkan kebiasaan menamai guru  dengan sesuka hati kita. Tapi Pmkers tau ga, gimana sosok mereka diluar sekolah ?

Disini ada beberapa fakta  yang  ingin saya bagikan yang merupakan pengalaman saya sendiri sebagai anak dari seorang guru.

  1. Mereka merasa sedih ketika nilai muridnya jelek

“ Kenapa bisa nilai mereka jelek ? mereka yang ga belajar  atau aku yang ga tahu bagaimana mengajari mereka?” .

Itulah kalimat yang sering diucapkan oleh ibuku ketika selesai memeriksa lembar jawaban muridnya. Mungkin kita dulu anggap enteng kalau misalnya kita ga bisa mengerjakan soal ujian, pasti kebanyakan dari kita berpikir  “ ah sudah lah paling ntar di naikkin ” dan ketika  kenyataanya kita tidak lulus  pasti sering sekali kalimat ini keluar ” dasar pelit mesti banget ngasih nilai segini” dan mungkin kalimat-kalimat yang lain. Padahal dibalik nilai akhir itu guru telah berusaha agar muridnya mendapatkan nilai terbaik.

  1. Mereka sering membahas perilaku muridnya diantara para guru

Tanpa kita ketahui guru sangat sering bahkan hampir terus  membahas perilaku muridnya. Makanya jangan kaget ketika dulu bukan hanya satu atau beberapa guru yang tahu bagaimana perilaku kita yang sebenarnya. Bukan untuk bahan gosip loh, tapi untuk mencari tahu alasan dibalik perilaku  kita.

  1. Daya ingat yang hebat

Pernah ga sih kita berpikir gimana hebatnya daya ingat guru ??. Dimana  mereka  bisa kenal dengan murid-muridnya dengan  jumlah sangat banyak dan yang berganti hampir tiap tahun . Ya memang mungkin kenyataannya mereka lupa nama kita  tetapi tidak dengan wajah kita. Sebagai contoh terkadang mereka yang pertama melemparkan senyum kepada kita ketika di tempat umum.

  1. Membanggakan muridnya

Kalau sifat yang ini sering kali membuat saya jengkel, mengapa ? karena terkadang  saking bangganya akan prestasi muridnya sering sekali membahas itu-itu saja . Mungkin bagi kita hal itu biasa tapi bagi mereka itu sangat membanggakan. Layaknya orangtua yang  bangga akan prestasi anaknya begitu jugalah seorang guru. Yang jika kita pikirkan sebenarnya tidak ada pengaruhnya bagi mereka.

  1. Murid adalah anak

Mungkin kita semua sudah  tahu akan hal ini, tapi pernahkah kita berpikir tentang sesungguhnya arti dari pernyataan itu ?. Tanpa kita sadari sebenarnya mereka sangat peduli akan kita tidak sekedar hanya dinilai atau prestasi. Mereka tulus menyanyangi kita sebagai anak tanpa pernah mengharapkan balas jasa. Mereka ingin kita anak-anaknya sukses dan menjadi orang berguna dihadapan Tuhan, negara dan terkhusus bagi orangtua kita.

Yep itu sedikit fakta dari pengalamanku tentang sosok guru, dan saya yakin Pmkers pun punya banyak pandangan atau pengalaman bagaimana seorang guru yang telah berjasa buat Pmkers sendiri. Selamat hari guru Internasional semoga para guru semakin hebat membentuk anak-anak yang akan memimpin bangsa. Dan semoga kita semakin menghormati guru-guru kita .

-CB-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s