Tips Hadapi UTS 

uts

Syalom PMKers…..

Gimana persiapan UTS  nya ?, tidak terasa pada hari Senin ini kita akan menghadapi UTS . Yep siap tidak siap, kita harus menghadapinya. Disini ada beberapa tips agar sukses menjawab soal-soal UTS, apa saja itu ?

  1. Pelajari soal-soal tahun lalu

Soal-soal tahun lalu dapat menjadi gambaran bagi kita. Seringkali soal-soal yang keluar mirip hanya diganti angka atau kasusnya saja bahkan sama dengan soal tahun lalu. Soal-soal tahun lalu juga bisa sebagai alat evaluasi sudah sejauh mana kita memahami teori yang telah dipelajari.

  1. Sebaiknya prioritaskan memahami materi yang telah disampaikan oleh dosen

Materi yang  disampaikan oleh dosen sering sekali hanya sebagian kecil dari materi yang ada di buku. Materi itu sebaiknya menjadi prioritas kita, sebab tak jarang soal yang keluar  merupakan materi yang telah disampaikan dosen terlebih dahulu. Hal ini juga membantu mengurangi  bacaan yang harus dipahami dan dihafal.

  1. Pahami konsep

Sering sekali kita membaca secara  keseluruhan bab yang telah ditentukan akan keluar di UTS. Sebaiknya hal ini jangan kita lakukan, cukup cari apa yang menjadi ide pokok dari materi itu dan pahami konsepnya. Untuk lebih memahami sebaiknya menuliskan konsep dalam bentuk mindmap .

  1. Tidak begadang dan menjaga kesehatan

Kebiasaan yang terjadi saat akan menjelang  ujian yaitu begadang sampai pagi. Padahal menurut penelitian fungsi otak pada saat malam hari hanya sekitar 20% saja dan waktu terbaik adalah pagi hari yaitu pukul 04.00-06.00 dimana otak berfungsi 100%. Selain fungsi otak yang tidak maksimal bekerja, kebiasaan begadang juga tidak baik bagi kesehatan. Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan tidur teratur dan makan makanan yang sehat.

  1. Berdoa

Jangan lupa berdoa sebelum dan sesudah belajar dan ujian. Menyerahkan semua pekerjaan yang telah kita lakukan kepada Tuhan Yesus. Baik buruknya nanti hasil yang akan kita terima itu urusan belakangan yang terpenting kita telah melakukan yang terbaik.

Yep itu dulu beberapa tips untuk menghadapi UTS .

Sebagai anak Tuhan jangan lupa jaga integritas saat melaksanakan ujian. Ujian hanyalah sebuah alat evaluasi sejauh mana kita memahami pelajaran selama mengikuti perkuliahan . Tetapi integritas menunjukkan siapa diri kita sebenarnya.  Selamat menghadapi UTS, Tuhan memberkati J

– CB  –

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s