SUMPAH PEMUDA? MASIH INGATKAH KALIAN ?

      S__16343044 Apa arti sumpah pemuda? Apa kalian masih ingat tanggal berapa sumpah pemuda? Yap, hari ini tepat tanggal 28 Oktober kita memperingati Hari Sumpah Pemuda.           Kita artikan dahulu pengertian kata “Sumpah”.  Dalam kamus lengkap bahasa Indonesia terbitan balai pustaka kata SUMPAH adalah Pernyataan yg diucapkan dengan RESMI dan BERSAKSI pada Tuhan atau sesuatu yang dianggap suci bahwa apa yang DIJANJIKAN/KATAKAN adalah benar.

Trus asal mulanya terjadi Sumpah Pemuda apa? . Itu terjadi karena pada waktu itu para pemuda bersumpah atau mengucapkan sumpah sebagai putera-puteri Indonesia. Trus kaitannya dengan Alkitab dapat kita kaitkan dengan ayat berikut ini :

Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih daripada itu berasal dari si jahat” (Matius 5:37)

Karena itu Yesus mengajarkan bahwa kita harus berbicara benar. Dalam salah satu ajaran Mishnah (berisi 63 poin mengenai hukum Yahudi) dikatakan bahwa sumpah dibagi dua: mengikat dan tidak mengikat. Tetapi, apa sih sebenarnya arti sumpah itu? Dan bolehkah orang Kristen bersumpah?

Sumpah, menurut Alkitab adalah tindakan ibadah, karena setiap orang yang bersumpah melibatkan Allah sebagai saksi. Dalam perjanjian lama kita menemukan bagaimana Allah bersumpah kepada umat-Nya (Mzm. 110:4; 132:11; Yes. 45:23; Ibr. 6:13-17). Hal ini tidak bermaksud mempertentangkan  apakah orang Kristen bersumpah ataukah tidak itu Dosa, tetapi yang penting di sini adalah BERBICARA DENGAN BENAR!

Kembali ke pertanyaan apakah Sumpah Pemuda itu dosa?

Berdasarkan isi dari Sumpah Pemuda dapat kita jabarkan bahwa pemuda-pemudi Indonesia menyatakan tekad untuk memberikan seluruh kekuatan nya karena bertumpah darah satu, bertanah air satu, berbangsa yang satu dan menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia. Sehingga sumpah yang dimaksudnya dari pandangan Kristen sendiri adalah suatu ikrar. Dan SUMPAH PEMUDA INDONESIA merupakan janji yang menunjukkan tekad mempersatukan bangsa dan bertujuan baik dalam melindungi negara Indonesia.

Tetapi Sumpah Palsu, apalagi dengan melibatkan Allah dalam setiap perkataan atau janji merupakan tindakan yang serius. Allah akan menuntut setiap perkataan yang main-main dan menyepelekan Allah sebagai saksi.  So, jangan main-main sama sumpah ya guys, karena Tuhan jadi saksi buat semua hal yang terucap dari mulut kita.

Sumber : www.forumkristen.com dengan pengembangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s