Pahlawan Masa Kini

PAHLAWAN//embedr.flickr.com/assets/client-code.js

Sepuluh November 1945 adalah hari dimana sejarah itu dimulai. Hari dimana para pahlawan mati- matian berjuang membela tanah airnya, sehingga hari ini kita bisa memperingati hari pahlawan. Hari pahlawan adalah sebuah hari dimana kita bisa merenungkan sejenak apa makna perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan.

Pertanyaan yang mungkin muncul dalam benak kita adalah, “Siapakah yang akan melanjutkan perjuangan mereka di masa kini?”. Tentunya pertanyaan itu patut menjadi refleksi kita bersama. Kondisi yang ada pada saat ini tentu berbeda dengan kondisi dimasa lalu. Dimana mereka berjuang dengan mengangkat senjata. Lalu apa perjuangan yang dapat dilakukan pada masa kini?. Mencari pahlawan dimasa kini bisa di ibaratkan seperti mencari jarum ditumpukan jerami. Kita mungkin berpikir bahwa menjadi pahlawan di era kekinian merupakan sesuatu hal yang hampir mustahil.

Tetapi sebelum beranggapan seperti itu, hendaknya kita mengerti apa sebenarnya arti pahlawan. Pahlawan dapat diartikan orang yang bersedia berjuang dan bekerja secara ikhlas demi kepentingan orang lain dan bangsanya. Yang konsisten berjuang dari awal sampai akhir. Mereka yang membawa perubahan sekecil apapun layak disebut sebagai pahlawan. Nah, dari pengertian tersebut maka kita dapat menyimpulkan bahwa sebenarnya ada banyak orang yang layak dianggap sebagai pahlawan.

Lalu pertanyaan selanjutnya yang patut kita renungkan adalah, apakah kita yang telah menghirup kemerdekaan hasil perjuangan para pahlawan telah memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara, atau setidaknya bagi orang disekitar kita?. Barangkali hal tersebut masih hanya sekedar angan-angan belaka. Saat ini kita dikekang oleh pola pikir yang pragmatis.

Bangsa kita pada saat ini membutuhkan kehadiran pahlawan-pahlawan baru yang rela berjuang bagi negaranya. Pahlawan yang berani berkata lantang menentang kesewenang-wenangan, ketidakadilan, yang berani mewujudkan perdamaian, dan terutama pahlawan yang menjunjung tinggi idealismenya. Saat ini kita tidak perlu mengangkat senjata lagi untuk mejadi seorang pahlawan.

Dengan tidak mencontek waktu ujian, maka kita telah menjunjung tinggi idealisme kita. Dengan meraih prestasi kita telah memberikan sedikit kontribusi bagi bangsa kita. Dengan tidak menutup mata dan telinga atas ketidakberesan yang terjadi disekitar kita, maka sebenarnya kita telah menjadi pahlawan, paling tidak untuk diri kita sendiri dan orang disekitar kita . Hal-hal kecil seperti itulah yang dibutuhkan yang dapat kita lakukan untuk menjadi pahlawan dimasa kini.

Semoga hari pahlawan tidak hanya menjadi sekedar seremoni belaka. Hendaklah hari ini menjadi refleksi bagi kita untuk memberikan kontribusi nyata walau sekecil apapun bagi orang lain dan negara.

“Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghargai Jasa Para Pahlawannya”

-Truth Seeker-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s