World Diabetes Militus

Hy guys, pada tau enggak setiap tanggal 14 November dunia memperingati hari apa??? Hmmmm, sedikit orang yang mengetahui bahwa tanggal 14 November merupakan hari Diabetes Sedunia.  Mungkin diantara kita baru mendengar adanya hari peringatan tersebut.

Tanggal 14 dipilih bukan dengan sengaja namun tanggal tersebut merupakan salah  satu cara memperingati  hari kelahiran dokter Frederick Banting, salah seorang penemu Insulin yang telah menyelamatkan hidup jutaan penderita diabetes di seluruh dunia pada tahun 1992 yang dibantu juga oleh Charles Best. Peringatan Hari Diabetes Sedunia dimulai oleh International Diabetes Federation (IDF) dan World Health Organization (WHO). Sembilan puluh tahun berselang sejak dr Banting menemukan Insulin, ternyata masalah diabetes dan penaganannya justru semakin kompleks.

Bukan aspek teknologi saja yang semakin berkembang namun aspek dibidang kesehatan di segala belahan dunia mengalami perkembangan yaitu dengan banyaknya informasi tentang gaya hidup sehat untuk mengurangi resiko berbagai penyakit terutama terjadinya diabetes. Namun hal itu tidak menjadi berkurangnya para penderita diabetes. Bahkan di dunia khususnya Indonesia jumlah penderita diabetes semakin bertambah.WHO memperkirakan saat ini lebih dari 346 orang menderita diabetes diseluruh dunia. Angka ini diperkirakan akan menjadi dua kali lipat pada tahun 2030 jika tidak dilakukan intervensi. Data WHO tahun 2008, di Indonesia diabetes merupakan penyebab kematian nomor 1 dari angka kematian yang disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular.

Masalah utama yang timbul terkait dengan terjadinya Diabetes adalah keterlambatan diagnosis dimana  Pasien umumnya terdiagnosis setelah diabetes menimbulkan komplikasi. Hal ini bisa terjadi diakibatkan  rendahnya pengetahuan kesehatan (health illiteracy) secara umum dan kepedulian masyarakat terkait masalah diabetes yang disebabkan oleh minimnya sumber informasi terpercaya serta kurangnya menempatkan edukasi sebagai bagian dari pelayanan kesehatan terhadap pasien diabetes di Indonesia. Kita sebagai umat Allah yang merupakan ciptaan yang paling mulia dan tinggi derajatnya haruslah menjaga dan mensyukuri ciptaan yang telah Tuhan berikan kepada kita salah satunya menjaga badan kita baik secara rohani maupun jasmani.

Sebab dikatakan pada alkitab yaitu tertulis dalam  Korintus 6:19 “Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, — dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?”

Oleh karena itu mari kita menjaga tubuh kita dari penyakit agar siap secara luar maupun dalam menerima Tuhan Yesus dan tinggal didalam kita. Dengan peringatan ini diharapkan agar meningkatkan kewaspadaan global terhadap resiko diabetes, selain itu mengajak seluruh elemen masyarakat  di berbagai belahan dunia menggiatkan berbagai aktivitas untuk mencegah angka kesakitan Diabetes yang semakin meningkat setiap tahunnya. Selain itu masyakat untuk ikut mengambil bagian dalam aktivitas edukasi dan bagaimana cara pencegahan nya.

Mari cegah Diabetes mulai dari SEKARANG

Ailsa P, 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s