Siap Menghadapi Ujian dan Cobaan

SelamatUTS

Mungkin kita sering  mendengar ilustrasi mengenai kentang, telur, dan bubuk kopi yang baru saja mengalami kemalangan yaitu sama-sama dimasukkan dalam air mendidih. Namun yang berbeda adalah reaksi mereka masing-masing.

  • Kentang → Mula-mula keras, kuat dantidak mau tunduk. Tetapi setelah melewati waktu yang cukup lama, ia menjadi lunak dan lemah.
  • Telur → Pada awalnya mudah pecah dan rapuh, akhirnya ia menjadi keras dan padat.
  • Bubuk kopi → Semula ia tidak menarik, tapi ketika ia dimasukkan ke air panas, ia justru mampu mengubah air panas sekelilingnya menjadi kopi yang harum dan memikat.

Masuk ke kelompok manakah kita dalam  ilustrasi tersebut? Apakah persoalan yang sedang kamu alami hari ini? Kegagalan, pengkhianatan, sakit-penyakit, konflik kepribadian, kesulitan ekonomi,  godaan, penindasan. Hal itu berarti kamu telah masuk ke dalam panasnya air mendidih. Sekarang tinggal pilihan  kamu, kamu mau bereaksi sepertia apa terhadap persoalan yang menghadapi kamu. Maju dan keluar sebagai pemenang atau malah mundur sebagai pecundang.

Respon positif terhadap masalah merupakan jalan agar kita bisa menjadi seorang pemenang. Seperti yang disebutkan dalam Amsal 17:22  “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang”. Hendaklah kita semangat menghadapi ujian dalam hidup ini, entah ujian itu berbentuk apa. Janganlah kita cepat bersungut-sungut dan hendaklah kita tetap berpengharapan, karena Dia tidak akan memberikan ujian-ujian yang melampai kemampuan kita (1 Korintus 10:13). Kalau kita gampang menyerah ketika menghadapi kesesakan maka kita tidak akan pernah bisa bertumbuh baik secara mental maupun rohani. Kekuatan kita akan tetap kecil atau malah menyusut. Ujian demi ujian yang kita hadapi akan mampu membawa kita ke level yang lebih tinggi.  Tetapi jika kita menyikapinya dengan benar, tetap dalam pengharapan yang tidak pernah padam di dalam Kristus, kita akan mendapatkan hasil luar biasa dalam pertumbuhan iman kita.

Jadi janganlah takut ataupun kuatir terhadap apapun juga, termasuk UTS yang akan diadakan. Lakukan bagianmu semaksimal mungkin maka Tuhan akan melakukan bagianNya. Berserah dan berusaha diiringi dengan doa, Semangat PMKers J

-Andromeda-

Berikut adalah soal-soal UTS Semester GENAP untuk jurusan S1 Akuntansi, Manajemen, dan IESP. Klik pada nama jurusan untuk mendownload soal.

  1. Akuntansi Semester 2
  2. Akuntansi Semester 4
  3. Manajemen Semester 2
  4. Manajemen Semester 4
  5. IESP Semester 2
  6. IESP Semester 4

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s