Hari Bumi Sedunia

 

kotak

Hari Bumi Sedunia merupakan perayaan yang dilakukan tahunan dalam rangka meningkatkan apresiasi dan kesadaran manusia terhadap bumi pada 22 April. Hari Bumi pertama kali dicetuskan oleh Senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson, pada tahun 1970. Tanggal ini sebenarnya bertepatan dengan waktu musim semi di daerah Northern Hemisphere pada belahan Bumi utara dan waktu musim gugurpada belahan Bumi selatan.
Terinspirasi oleh aktivis lingkungan pada tahun 1960-an Senator Wisconsin, Gaylord Nelson menciptakan sebuah perayaan nasional yang menyatukan gerakan lingkungan. Dengan bantuan dari Denis Hayes, seorang mahasiswa pascasarjana di Universitas Harvard, Nelson menyelenggarakan perayaan pertama hari bumi pada 22 April 1970, mendidik para peserta akan pentingnya pelestarian lingkungan.
Hari bumi sekarang menyatukan warga dan aktivis dari seluruh dunia untuk meningkatkan kesadaran dan mengambil tindakan mengenai kekhawatiran lingkungan seperti pemanasan global dan energi yang dapat diperbaharui.
Sekarang, Earth Day Network (EDN), yang membawa bersama-sama lebih dari 20.000 mitra dan organisasi di 190 negara, mendukung misi hari bumi sepanjang tahun. Misi ini didirikan pada premis bahwa semua orang, tanpa memandang ras, jenis kelamin, pendapatan, atau geografi, memiliki hak moral untuk lingkungan yang sehat, berkelanjutan. Earth Day Network mengejar misi ini melalui pendidikan, kebijakan publik dan kampanye aktivisme. Kampanye ini membawa bersama peserta lebih dari 1 milyar setiap tahun, menjadikannya salah satu acara publik, sekuler terbesar di dunia.
Isu-Isu Hari Bumi
1. Advokasi : Para pendukung mengajak tiap individu untuk bertemu dengan pemerintah mendiskusikan permasalahan lingkungan.
2. Perubahan Iklim : Pendukung meningkatkan kesadaran tentang perubahan iklim, manusia berkontribusi untuk perubahan tersebut, dan kesempatan untuk memperlambat fenomena. Salah satu contohnya adalah melelehnya es di kutub.
3. Konservasi dan Biologi : Pendukung bekerja untuk melestarikan keanekaragaman hayati di dunia. Hari bumi 2010, misalnya, peserta di Sri Lanka menanam tanaman obat yang lebih dari 100 seluruh hutan hujan tropis di hutan lindung Yagirala.
4. Edukasi : Program pendidikan hari bumi memberikan pendidik, mahasiswa, dan masyarakat umum dengan sumber daya dan solusi untuk membuat sebuah planet yang lebih sehat, lebih berkelanjutan.
5. Energi : Pendukung proyek dukungan yang mengembangkan sumber energi yang dapat diperbaharui dan teknologi sebagai sarana transisi dari sumber tak dapat dipebaharui, seperti batubara dan minyak.
6. Pangan dan Agrikultur : Pendukung meningkatkan kesadaran tentang beberapa praktek-praktek pertanian, seperti penggunaan pestisida kimia, yang berkontribusi pada degradasi lingkungan.
7. Ekonomi Hijau : Pendukung advokasi untuk penciptaan industri hijau dan pekerjaan yang terhubung ke sumber energi yang dapat diperbaharui.
8. Daur Ulang dan Pengurangan Sampah : Pendukung bekerja untuk mengurangi jumlah limbah dan sampah yang orang hasilkan, dan meningkatkan jumlah daur ulang dan penggunaan kembali.
Hanya dalam 40 tahun, hari bumi telah berkembang dari satu hari merayakan gerakan lingkungan di Amerika Serikat dengan jaringan global yang memberdayakan lebih dari satu miliar orang untuk lebih memahami, melindungi, dan meningkatkan lingkungan
Oleh karena itu, baiklah kita tetap menjaga dan melindungi bumi yang kita tinggali sebagaimana Allah telah menciptakan tempat untuk manusia.
Seperti dalam Kejadian 1 : 26-28 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan- ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

Sumber: http://education.nationalgeographic.org/encyclopedia/earth-day/
-Roxane until Grace-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s