Hari Pendidikan Nasional

Hardiknas

 

Tanggal 2 Mei diperingati oleh Bangsa Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Tanggal 2 Mei yang dijadikan sebagai hari lahirnya pendidikan di Indonesia ini diambil dari tanggal kelahiran salah satu tokoh perjuangan pendidikan. Ya, dialah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat, atau yang sering dipanggil Ki Hajar Dewantara. Bila membahas tentang sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, nama Ki Hajar Dewantara tentu tidak asing lagi kita dengar, dan juga pastilah kita semua telah mengetahuinya. Perjuangan dan dedikasinya untuk pendidikan, di tahun 1922, dibuktikannya dengan mendirikan institusi pendidikan berupa sekolah kerakyatan yang bernama Taman Siswa di Yogyakarta.

Sebuah perjuangan yang sangat mulia dan tentu saja tidak mudah. Pada saat itu bangsa Indonesia masih dilanda kebodohan, keterbelakangan akibat penjajahan Belanda. Pergerakan memajukan pendidikan telah mempersiapkan putra-putra bangsa yang siap berjuang untuk Indonesia menuju kemerdekaan.

Hasilnya pun terbukti, usaha untuk mendidik angkatan muda akan jiwa kebangsaan saat itu, sangat mendukung proses perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. Namun apakah semangat perjuangan dari para pahlawan pendidikan kita terdahulu masih tejaga hingga saat ini? Hanya kita, sebagai generasi muda, generasi penerus bangsa yang bisa menjawab pertanyaan ini.

Sebagai anak muda yang mengenal sosok Yesus Kristus, sudah sepatutnya kita turut mengambil andil demi memajukan taraf pendidikan di Indonesia, sehingga kita juga bisa ikut mewujudkan cita-cita  Bangsa Indonesia sejak awalnya, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa- yang tertuang dalam paragraf ke-4 Pembukaan Undang-Undang Dasar tahun 1945. Untuk melaksanakan hal ini, teman-teman sekalian tidak harus langsung melakukan sesuatu hal yang luar biasa rumit. Langkah awal yang dapat diambil adalah seperti mengikuti proses belajar di kampus dengan sebaik mungkin, rajin mempelajari kembali materi yang masih teman-teman anggap kurang dikuasai, serta rajin mengerjakan tugas-tugas yang diberikan Bapak/Ibu Dosen. Karena dengan berlaku demikian, teman-teman dapat beroleh hikmat. Sebagaimana tertulis dalam Amsal 4:5-7, yaitu, “(5) Perolehlah hikmat, perolehlah pengertian, jangan lupa, dan jangan menyimpang dari perkataan mulutku. (6) Janganlah meninggalkan hikmat itu, maka engkau akan dipeliharanya, kasihilah dia, maka engkau akan dijaganya. (7) Permulaan hikmat ialah: perolehlah hikmat dan dengan segala yang kauperoleh perolehlah pengertian”.

Semoga, pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini merupakan tonggak pergerakan pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik. Menjadi bangsa yang pintar dan bermatabat, yang akan membawa kepada kemajuan dan kemakmuran bangsa Indonesia.

  • Blast

 

Sumber:

http://www.artikelbagus.com/2012/04/artikel-hari-pendidikan.html

http://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Ams%204:1-27#n1

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s