Ulasan Latihan Pengembangan Spiritual Mahasiswa Kristen 2016

IMG_1442

Hai.. Hai.. Syalom PMKers, baru-baru ini PMK FEB Undip telah mengadakan acara yang sangat sayang bila dilewatkan, udah tau kan acara apa itu? Yak! Bener banget! Latihan Pengembangan Spiritual Mahasiswa Kristen atau yang biasa kita dengar “LPSMK”. Kalian tahu ga sih LPSMK itu apa? LPSMK merupakan event dua tahun sekali yang diselanggarakan oleh PMK FEB Undip, dimana mengajak PMKers untuk bertumbuh secara social dan rohani, dengan melakukan aksi nyata berupa membantu warga desa sehingga dapat mencerminkan pribadi Kristus melalui pribadi masing-masing. LPSMK 2016 kali ini bertemakan “Dia yang Mengutus Aku” yang didasari oleh Yohanes 15:16. Yuk kita simak keseruan kegiatan LPSMK 2016 kemarin.

Hari Pertama, perjalanan menuju Desa Nyemoh, Dusun Wonorejo memakan waktu kurang lebih 1,5 jam, sebelum berangkat peserta berkumpul di GSG. Setelah sampai di lokasi LPSMK, para peserta langsung berkumpul di Posyandu Dusun Wonorejo untuk pembukaan acara. Dimulai dengan sambutan dari Kepala Dusun, Bapak Sunaryo, dan Ketua LPSMK 2016, Chandra Jimmi Michael. Setelah itu, setiap peserta langsung menuju rumah keluarga masing-masing dan disana para peserta langsung disambut dengan hangat. Acara dilanjutkan dengan ibadah sesi 1 yang sangat meriah di Gereja Kristen Jawa Tuntang Timur yang dipimpin oleh Pdt. Waluyo, dengan tema ibadah “Bertumbuh dan Berbuah dalam Kristus” Yohanes 15:5, tim pemusik yang mengiring jalannya ibadah menambah kemeriahan dari ibadah sesi 1. Pada malam harinya, setiap peserta melakukan ReMa (Renungan Malam) bersama keluarga.

IMG_5907

Hari kedua, dimulai dengan SaTe (Saat Teduh) bersama keluarga, kemudian berkumpul di makam Dusun Wonorejo untuk kerja bakti membersihkan rumput-rumput liar, yang diikuti juga oleh warga Dusun Wonorejo, terlihat betapa antusiasnya para peserta LPSMK 2016 dalam mencabuti rumput, ada yang menggunakan tangannya, ada yang menggunakan sabit, bahkan ada yang memakai cangkul sehingga terlihat seperti menggali kubur.

IMG_5212

Para peserta kemudian mengikuti ibadah sesi ke-2 dengan tema “Bangkit dan Nyatakan Kemenangan-Nya” Galatia 5:13, yang dipimpin oleh Pdt. Nathanael Sitepu. Dilanjutkan dengan Pembagaian Sembako di rumah Kepala Dusun Wonorejo dan Pengobatan Gratis di Posyandu yang bekerja sama dengan dr. Franciska  dan PMKK Undip (Persekutuan Mahasiswa Kristen Kedokteran).

IMG_5369

Siang harinya, warga mengajak peserta untuk bekerja sesuai dengan bidang pekerjaan keluarga mereka. Ada yang mencari rumput di hutan untuk pakan ternak, bercocok tanam di sawah, mencari kayu bakar, dan pekerjaan lainnya.

DSC_0415

IMG_1325

Pada sore harinya, peserta mengikuti Talent Show bersama kelompok masing-masing. Setiap kelompok menampilkan kemampuan terbaiknya, dalam berbagai konsep seperti membaca puisi berlanjut, menyanyikan lagu tradisional, menari tarian tradisional digabung dengan tari modern, drama musikal dan drama parodi, kegiatan Talent Show semakin meriah dengan warga yang turut mengikuti.

IMG_1667

Dilanjutkan dengan Sosialisasi NAPZA olehdr. Ivana Yulia dan dr. Innawati Jusup M.Kes, SP.KJ, yang diikuti oleh warga dan kiranya dapat menjaga anak-anak Dusun Wonorejo terhindar dari pengaruh NAPZA.  Malam harinya diadakan “Opera Telepon” oleh Teater Obkial di Gereja Kristen Jawa Tuntang Timur yang diambil dari Matius 22:14, dimana mengajarkan kita untuk mau bersabar menunggu dan menerima panggilan kedua dari Tuhan. Hari kedua, kembali ditutup dengan ReMa bersama keluarga.

IMG_1728

Hari ketiga, merupakan acara puncak dari LPSMK 2016 karena bertepatan dengan Hari Pentakosta. Setelah SaTe bersama keluarga, peserta mengikuti senam dan mini games untuk menyegarkan diri.

DSC_0110

Kemudian peserta bersama keluarga masing-masing menuju gereja, dengan membawa nampan berisi makanan yang akan dimakan bersama keluarga lainnya di Gereja untuk memperingati hari Pentakosta.  Berakhirlah LPSMK 2016 dengan penutupan di posyandu bersama Kepala Dusun.

IMG_5753

Berikut kesan dan pesan para pihak yang terlibat LPSMK 2016 kemarin:

Pak Sunaryo, Kepala Dusun, “Terimakasih banyak atas bantuan mahasiswa, dalam bersih-bersih lingkungan, penyuluhan narkoba, pembersihan makam, penerangan lampu di makam. Saya selaku penanggung jawab Dusun Wonorejo dan panitia makam meminta maaf kalau tidak bisa membalas apa-apa, nanti biar Tuhan Yesus sendiri yang membalasnya.”

Ibu Yani, Warga Dusun Wonorejo, “Acara ini membawa dampak positif, seperti kemarin pada saat SaTe dan ReMa, kami sekeluarga tidak pernah memiliki waktu khusus untuk hal tersebut, namun setelah kalian kesini dan diharuskan untuk itu (SaTe dan ReMa), walaupun mungkin kayak kepaksa, tapi kepaksa itu membawa dampak positif, artinya dalam keluarga itu memang perlu adanya SaTe dan ReMa, sehingga diharapkan dampaknya dapat berlanjut”

Avendri, PMK 2013, “Menurut gua pribadi LPSMK tahun ini lebih kena esensinya, kenapa? Karena itu berdasarkan survey tiap orang peserta, mereka mengatakan bahwa, nilai mereka disini berbaur sama warga itu kental, dan tidak cuma itu mereka juga mengalami pengembangan spiritual dari hal kecil seperti SaTe dan ReMa di keluarga masing-masing dan banyak interaksi seperti kerja diladang, secara tidak langsung menyentuh perasaan spiritualnya dari peserta dengan keluarga. Jadi itu kena banget sama esensi LPSMK, pertama membangun spiritual, dan kedua membantu warga disini”

Yoan, PMK 2015, “LPSMK itu mengajarkan banyak hal; rasanya kebersamaan, mengenal satu budaya, bisa lebih dekat satu sama lain, bisa tahu kehidupan warga disekitar sini seperti apa”

Luar biasa sekali ya PMKers, semoga acara ini dapat berdampak bagi setiap pihak dan Jangan lewatin kesempatan untuk ikut acara ini 2 tahun lagi ya. Sampai jumpa di LPSMK 2018!

Untuk dokumentasi LPSMK 2016 dapat dilihat di link berikut: Latihan Pengembangan Spritual Mahasiswa Kristen 2016

-Blurryface-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s