HARI ANTI TEMBAKAU SEDUNIA

NO TOBACCO DAY

Setiap orang di dunia memiliki “hak” untuk mengemukakan kebebasan mereka sebagai makhluk hidup, seperti hak untuk mengemukakan pendapat, hak untuk mendapatkan sesuatu, dan banyak lagi hak-hak yang dimiliki manusia. Termasuk hak untuk merokok, semua orang bebas untuk memilih menjadi perokok, dan bebas untuk menghisap tembakau mereka.
Di Indonesia sendiri kebebasan bagi para perokok sangatlah longgar, bahkan tidak begitu banyak hukum yang mengatur bagi para perokok untuk menghisap tembakau mereka. Mirisnya lagi di Indonesia, tembakau menjadi salah satu sumber pendapatan yang cukup besar untuk komoditi ekspor, bahkan cukai yang diberikan untuk setiap bungkus rokok juga menjadi salah satu sumber pendapatan bagi Negara yang dikenal dengan sebutan Zamrud Khatulistiwa ini.
Tapi PMKers tahu tidak kalau hari ini, 31 Mei ditetapkan sebagai “Hari Anti Tembakau Sedunia”, gerakan ini menyerukan para perokok agar berpuasa tidak merokok (mengisap tembakau) selama 24 jam serentak di seluruh dunia. Hari ini bertujuan untuk menarik perhatian dunia mengenai menyebarluasnya kebiasaan merokok dan dampak buruknya terhadap kesehatan. Gerakan Hari Anti Tembakau ini pertama kali dicetuskan oleh negara-negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 1987.
Yuk PMKers! Kita simak apa kata Alkitab mengenai kebiasaan merokok ini.
Memang benar kata “larangan merokok” tidak ada di dalam Alkitab, bahkan bila kalian cari satu persatu dari kitab Kejadian sampai Wahyu tidak ada kata yang menyinggung mengenai rokok, ataupun mengenai hukum atas larangan merokok tersebut. Tapi kalau kita ke SPBU, kita pasti akan menemukan banyak tulisan “Dilarang Merokok” yang tertempel di mana-mana bukan?
“Terus… Merokok itu ga dosa dong? Kan tidak ada larangannya didalam Alkitab. Toh banyak juga hamba dan pelayan Tuhan yang merokok.”
Eitts.. Yukk kita baca ayat Alkitab berikut ini dulu 
Pertama, Alkitab memerintahkan kita untuk tidak membiarkan tubuh kita “diperhamba” oleh apapun. 1 Korintus 6:12 menyatakan “Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun.” Tidak dapat disangkal kalau merokok itu menyebabkan kecanduan yang amat sangat kuat. Hal tersebut telah ditekankan dalam ayat Alkitab diatas bahwa “kecanduan” tersebut sama halnya dengan membiarkan diri kita diperhamba oleh hal-hal yang tidak berguna (rokok).
Dalam pasal yang sama, kita diberitahukan bahwa, “Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, -dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!” (1 Korintus 6:19-20). Tidak dapat disangkal kalau rokok itu sangat merusak kesehatan, dan telah dibuktikan secara ilmiah dapat merusak paru-paru, jantung bahkan merusak orang yang berada disekitarnya. Hal ini menyatakan bahwa merokok berarti kita merusak bait Roh Kudus (tubuh kita) yang diberi Allah.
Dapatkah merokok dianggap “menguntungkan” (1 Korintus 6:12)?
Dapatkah dikatakan bahwa merokok benar-benar “memuliakan Allah dengan tubuhmu”
(1 Korintus 6:20)?
Dapatkah seseorang dengan jujur merokok “untuk memuliakan Allah” (1 Korintus 10:31)?
Kita percaya bahwa jawaban dari ketiga pertanyaan itu adalah “tidak”. Karena itu, kita percaya bahwa merokok itu dosa dan karenanya tidak sepatutnya dilakukan oleh para pengikut Kristus. Dengan menyatakan kalau merokok itu dosa, kita tidak mengatakan bahwa semua perokok tidak diselamatkan. Merokok tidak menghalangi seseorang untuk diselamatkan, juga tidak membuat orang kehilangan keselamatannya. Merokok tidak membuat orang tidak dapat diampuni, baik untuk seseorang menjadi Kristen, maupun untuk orang Kristen yang bersedia mengakui dosanya kepada Allah (1 Yohanes 1:19).
So… Kalian para perokok bersediakah meluangkan satu hari berpuasa untuk tidak mengisap rokok untuk memperingati “Hari Anti Tembakau Sedunia” ini?
“Mengapakah kamu belanjakan uang untuk sesuatu yang bukan roti, dan upah jerih payahmu untuk sesuatu yang tidak mengenyangkan?” (Yesaya 55:2)
Sebagai ayat penutup diatas masih mau pake uang bulanan PMKers untuk beli rokok? Mending buat jalan sama abang, kakak, atau adek itu HEHE…
-Tuhan Memberkati-

Sumber: http://www.gotquestions.org/Indonesia/merokok-berdosa.html

Blurryface

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s