Hari Anti Narkoba Sedunia

 

poster hari anti narkoba sedunia

Shalom PMKers,
Apa kabar niih? Luar biasa pastikan. Jika sebelumnya sudah dibahas tentang hari anti tembakau, nah artikel kali ini akan membahas tentang hari anti narkoba. Adanya hari anti narkoba merupakan bentuk peringatan yang dilakukan oleh PBB kepada seluruh negara-negara untuk secara bersama melawan pemakaian narkoba.Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba terbukti telah merusak masa depan bangsa di negara manapun, merusak karakter manusia, merusak fisik, dan kesehatan masyarakat, serta dalam jangka panjang berpotensi besar mengganggu daya saing dan kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu, besarnya dampak kerusakan yang ditimbulkan dari peredaran gelap narkoba digolongkan dalam kejahatan luar biasa (extraordinary crime) dan serius (serious crime). Terlebih, peredaran gelap narkoba bersifat lintas negara (transnational) dan terorganisir (organized) sehingga menjadi ancaman nyata yang membutuhkan penanganan serius dan mendesak.

Situasi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Indonesia saat ini sudah berada pada level darurat loh guys. Hasil penelitian Badan Narkotika Nasional (BNN) tahun 2014, menunjukkan bahwa penduduk yang melakukan penyalahgunaan narkoba secara nasional adalah 2,18% dari jumlah penduduk Indonesia berusia 10 – 59 tahun atau sekitar 4 juta jiwa. Lebih mirisnya lagi, apabila seluruh komponen bangsa tidak melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan yang komprehensif, diprediksi jumlah penyalah guna narkoba akan meningkat menjadi 5 juta jiwa di tahun 2020.
Sedangkan, kalau dilihat dari segi ekonominya estimasi kerugian biaya ekonomi akibat narkoba diperkirakan sekitar Rp 63,1 triliun di tahun 2014. Sebesar Rp 56,1 triliun untuk kerugian biaya pribadi (private) dan Rp 6,9 triliun untuk kerugian biaya sosial. Angka kematian akibat penyalahgunaan Narkoba sendiri mencapai 12.044 orang per tahunnya.

Jika kita baca seluruh isi Alkitab, memang kita tidak akan menemukan ayat yang menjelaskan secara gamblang tentang penyalahgunaan narkoba. Namun, secara implisit kita bisa memahami bagaimana Tuhan melalui firman-Nya sangat murka terhadap masalah narkoba. 1 Korintus 10 : 31, “ Aku menjawab : Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah”. Melalui ayat ini Tuhan ingin mengajarkan bahwa segala sesuatu yang dilakukan oleh kita sebagai anak-anak-Nya hanya untuk kemulian nama-Nya. Kalau narkoba ya udah pasti dong sangat jelas tidak untuk kemuliaan Allah. Lewat Efesus: 5:11,“Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu,” Tuhan juga mengingatkan kepada kita untuk tidak mengambil bagian dalam perbuatan tidak benar, jadi jangan pernah sekali-kali mencoba mengkonsumsi narkoba. Karena sekali kita mencoba sudah pasti kita akan mau untuk mencobanya lagi.
So, sebagai anak Tuhan kita harus menjauhkan diri dari hal – hal negatif ya terutama NARKOBA dan tidak cuma itu kita juga harus mengingatkan teman, keluarga, atau siapapun untuk menjauhi narkoba. Seperti pada ayat II Timotius 4:2, “Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasehatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran”. Tuhan Yesus Memberkati
-The Beautitudes
http://laris.weblog.esaunggul.ac.id/2013/08/30/narkoba-dalam-pandangan-kristiani/
http://www.bnn.go.id/portal/konten/detail/humas/…/13087/hari-anti-narkotika-internasional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s