Apakah Kita Sudah Menjadi Orang Merdeka ?

17-AGUSTUS

1 Petrus 2: 16 => “ Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah”
Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah bebas menentukan nasib bangsa sendiri tanpa adanya tekanan dari pihak lain dan terlepas dari penjajahan bangsa lain. Indonesia sudah merdeka sejak tahun 1945 yaitu setelah penjajahan dari negara Jepang selama 3,5 tahun. Untuk mendapatkan kemerdekaan itu tidaklah mudah, banyak para pejuang Indonesia harus gugur di medan perang dan menderita demi memperjuangkan Negara Indonesia ini. Oleh karena itu, kita sebagai rakyat Indonesia harus mengucap syukur kepada Tuhan karena campur tangan dan pertolongan-Nya kita bisa bisa menikmati kemerdekaan.
Kita sebagai anak Tuhan harus mengerti bagaimana cara berperilaku dan menyikapi kemerdekaan. Kemerdekaan bukan berarti kita bebas melakukan apa saja yang kita inginkan tanpa perduli apa dampak dari hasil yang kita perbuat. Kemedekaan juga membutuhkan batasan dan hukum yang mengatur agar kemerdekaan itu dapat terwujud dengan baik. Sebuah kemerdekaan tanpa aturan yang jelas akan membahayakan dan menghancurkan diri sendiri, orang banyak, negara, bahkan dunia. Dalam menggunakan kebebasan yang kita miliki, janganlah hanya mementingkan kepentingan pribadi dan kepentingan kelompok tanpa ada aturan sedikitpun.
Sebagai orang Kristen kita juga harus merdeka dalam hal rohani dan patut bersyukur atas pengorbanan Kristus di atas kayu salib, olehNya kita beroleh pengampunan dosa dan dimerdekakan dari dosa sehingga kita menjadi hamba kebenaran. Pengampunan dari Kristus ini merupakan kuasa yang memerdekakan kita secarah menyeluruh, yang memungkinkan kita memiliki hidup berkemenagan dalam semua aspek hidup ini. Kita yang telah dimerdekakan kristus dari kuasa dosa dimaksudkan agar mengisi kemerdekaan itu dengan kehidupan yang benar dan berkenan kepada Tuhan dan menghasilkan buah bagi kemuliaan nama Nya.
Dalam Galatia 5 : 13 dikatakan “saudara-saudara memang kamu telah dipanggil untuk merdeka, tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih”. Di antara teman-teman semua termasuk juga saya sendiri mungkin pernah terpengaruh oleh tipu daya iblis dan dunia ini, kita sering dikuasai roh dendam, sakit hati, kebencian, tamak akan uang dan juga iri hati melihat sesama manusia. Itu berarti kita masih mempergunakan kemerdekaan itu seenaknya sehingga kita sering kali merugikan diri sendiri dan orang lain.
Hal terpenting yang perlu kita sadari adalah bahwa kemerdekaan dari kristus bukan sekedar melepaskan kita dari dosa tetapi untuk mewujudkan semua tujuan Allah menciptakan kita yaitu supaya kita hidup dalam kebenaran sehingga menjadi serupa dan segambar dengan Dia.
Selamat memperingati HUT RI ke-71

-Saribu Raja-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s