Hari Sumpah Pemuda

 

POSTER SUMPAH PEMUDA 2

Syalom pmkers! kalian tau engga sih hari ini hari apa? Ya benar, hari ini adalah hari bagi kita untuk memperingati hari sumpah pemuda. Peringatan hari sumpah pemuda merupakan peringatan bagi kita untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur. Sumpah pemuda merupakan pernyataan komitmen tentang persatuan anak bangsa dalam rangka memajukan negara ini. Pemuda-pemuda daerah yang pada awalnya berjuang secara separatis akhirnya menyadari pentingnya semangat persatuan dan kesatuan. Kelahiran Sumpah Pemuda membuktikan bahwa persatuan tidak akan lahir tanpa adanya pluralitas. Dan kesatuan dalam pluralitas itulah yang akhirnya melahirkan kemerdekaan bangsa ini.
Lalu bagaimana respon kita sebagai keluarga PMK dalam merayakan hari sumpah pemuda? Di dalam 1 Timotius 4:12 “Janganlah seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.” Tuhan menginginkan kita sebagai pemuda Kristen yang mencerminkan karakter yang menjadi teladan dan berkat bagi orang lain lewat hati dan perbuatan kita di dalam masyarakat. Jangan kita merasa pesimis dan disepelekan hanya karena kita muda. Justru kita harus memanfaatkan semangat jiwa muda kita untuk mempersatukan bangsa ini dan berani memberikan perubahan yang lebih baik bagi kemajuan bangsa ini.
Dan bagaimana dengan saat ini? Apakah semangat persatuan di tengah keberagaman masih mengakar di hati setiap anak bangsa? Faktanya adalah saat ini isu-isu sektarian makin mengemuka di berbagai daerah. Diskriminasi makin menjadi-jadi di berbagai bidang. Semangat Sumpah Pemuda yang menghargai perbedaan makin berkurang. Keanekaragaman sesungguhnya adalah modal dan harta berharga dalam perjuangan memajukan bangsa. Bangsa ini akan hancur apabila tidak segera kembali kepada nilai-nilai luhur Sumpah Pemuda. Bangsa ini tidak akan maju apabila tidak belajar memahami kekayaan perbedaan yang terkandung dalam semangat “Tanah Air Satu, Bangsa Satu dan Bahasa Satu”.
Hal ini harus kembali disadari oleh seluruh elemen bangsa, termasuk orang Kristen, Mahasiswa Kristen yang juga merupakan bagian dari pluralitas harus sadar bahwa dirinya pun adalah aset pembangunan bangsa. Mahasiswa Kristen adalah kaum akademis yang sebenarnya punya banyak potensi. Namun karena merasa minoritas (rasa tidak harus ada) dan sering terkurung hanya dalam aktivitas gereja atau PMK, maka potensi itu tidak terlihat. Banyak mahasiswa Kristen yang tidak berkarya bagi bangsa. Dan bagi sebagian kecil yang berkarya, seringkali karya mereka tidak terlihat karena terhimpit oleh isu-isu sektarian. Seringkali mereka tidak berkarya dengan maksimal karena sempitnya peluang, dan kurangnya kualitas untuk memberikan sumbangsih bagi bangsa. Mereka sering tidak dianggap karena minoritas, padahal dalam konteks Indonesia, pemahaman ini tidak boleh ada. Hal ini membuat banyak mahasiswa Kristen pergi ke luar negeri, karena peluang berkarya di sana lebih terbuka. Ataupun kalau ada yang tetap di Indonesia, mereka hanya membangun kerajaan mereka sendiri, tanpa peduli pada permasalahan bangsa.
Maka dari itu kita harus mengubah pandangan kita dan mulai mencerminkan hidup sebagai cerminan Kristus. Kita sebagai generasi muda harus mampu memberikan dampak yang positif dalam kehidupan masyarakat Indonesia dan mulai untuk mampu menghargai keberagaman yang ada dalam masyarakat Indonesia. Persatuan Indonesia yang merupakan dasar sila negara kita merupakan tanggung jawab kita bersama terlebih generasi muda yang merupakan masa depan dari bangsa ini. Jangan jadikan segala keterbatasan menghalangi kita sebagai generasi muda untuk berkarya demi persatuan dan kemajuan bangsa ini. AYO BANGKIT GENERASI MUDA INDONESIA!

SUMBER : http://kdaki.blogspot.co.id/2010/03/mahasiswa-kristen-dan-sumpah-pemuda_22.html

-Imperatore-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s