Hari Pahlawan

PAHLAWAN

Pemimpin. MELAYANI bukan DILAYANI!

Haloha PMKers… Kalian pasti sudah tidak asing dengan kalimat judul diatas bukan? Nah… kalian pasti bertanya-tanya, apa hubungannya judul tersebut dengan hari ini? Hari ini kan tanggal 10 November yang berarti hari pahlawan. Yups, kalian benar PMKers. Hari ini kita memperingati hari pahlawan, menurut kamu yang termasuk pahlawan siapa aja sih? Opa/Oma kita yang sudah gugur di medan perang dalam rangka merebut kemerdekaan, Bapak/Ibu guru yang sudah memberi kita bekal ilmu pengetahuan, masih ada lagi kah?

PMKers, coba kita renungkan siapa sosok pahlawan yang kita idolakan. Kamu tahu nggak kalau orangtua dan para pemimpin kita juga merupakan pahlawan. Karena orangtua kita berjuang demi menghidupi dan memenuhi kebutuhan bahkan keinginan kita. Pemimpin? Mereka adalah pihak penyalur aspirasi kita sebagai masyarakat, pihak yang seharusnya berjuang demi masyarakat. Apabila orangtua atau pemimpin kita bersikap apatis, apakah mungkin kita bisa menjalani hidup seperti sekarang?

Demikian halnya dengan Yesus, Dia datang untuk mengubah hidup kita. Menjadi penyelamat atau seorang pahlawan bagi kita. Apa yang boleh terjadi pada hari ini, besok, ataupun kemarin sudah merupakan rancangan-Nya untuk kita. Masih jelas dibenak kita pada tanggal 04 November tahun ini dikabarkan akan terjadi demo besar-besaran pada seorang pemimpin kita karena dituding menistakan agama. Lihatlah apa yang beliau lakukan. Tidak berkoar-koar membela diri tapi meminta maaf, bahkan jauh sebelum isu demo tersebut beredar. Dan lihat apa yang terjadi pada hari itu? Percayakah kamu bahwa itu bagian rencana dari Tuhan. Zefanya 3:17a “TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan.”

PMKers, banyak tokoh pahlawan baik di dalam Alkitab maupun di kehidupan kita terdahulu dan sekarang. Tapi tahukah kamu bahwa sesungguhnya kamu pun adalah pahlawan? Ya, kita semua adalah pahlawan. Amsal 16:32 berkata “Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.” Karena itu PMKers, marilah kita mulai dari diri kita sendiri. Jadilah pahlawan dari dirimu sendiri maka kelak kamu akan menjadi pahlawan bagi banyak orang.

Di tahun-tahun yang akan datang kamu pasti akan jadi pemimpin, mungkin pemimpin bagi keluargamu, pemimpin persekutuan, pemimpin perusahaan, atau bahkan pemimpin sebuah daerah, kota, bahkan negara. Siapa yang akan tahu? Satu hal yang harus kamu ingat, pemimpin seperti apa yang Tuhan inginkan. Pemimpin yang melayani bukan dilayani. Markus 10:42-45“Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya. Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”

Ada saatnya dalam hidupmu engkau ingin sendiri saja bersama angin menceritakan seluruh rahasia, lalu meneteskan air mata. (Bung Karno,1933)

Perjuangan belum berakhir! Selamat hari Pahlawan, 10 November.

-Miracle-

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s