Hari Pohon Sedunia

HARI-POHON

 

Syalom PMKers!

Sudah taukan hari ini adalah hari apa? Ya… tepat sekali! Hari ini kita memperingati Hari Pohon Sedunia.

Namun kenapa sih pada tanggal 21 November selalu diperingati sebagai Hari Pohon Sedunia ? Terryata asal-usul tanggal 21 November dipilih sebagai hari pohon sedunia adalah untuk menghormati jasa J. Sterling Morton. Ia seorang pecinta alam dari Amerika. Ia sangat gigih mengkampanyekan gerakan menanam pohon. Awalnya alasan yang digunakan sangat sederhana yaitu ia sangat berharap adanya pohon untuk berteduh, pemecah angin, dan berbagai fungsi pohon lainnya. Orang mulai menyetujui ajakan Morton untuk peduli pada pohon, sehingga mulai banyak muncul opini dan kebijakan untuk menanam dan merawat pohon.

Tujuan dari hari pohon sedunia yaitu untuk mengingatkan manusia akan pentingnya pohon bagi kehidupan makhluk hidup lainnya. untuk memerangi pemanasan global, mencegah banjir, tanah longsor, tempat hidup berbagai fauna, dan membuat iklim mikro yang baik. Jadi, kita sebagai manusia seharusnya lebih peduli lagi dengan lingkungan alam yang dititipkan Tuhan kepada kita. Saat ini jumlah hutan di dunia khususnya di Indonesia sudah sedikit. Hal ini disebabkan oleh penebangan liar, pembakaran hutan untuk membuka lahan, pembuatan kertas, dan kegiatan lain yang merusak hutan.

Tuhan menyediakan bagi kita hutan dan tumbuhan lainnya agar dapat kita makan dan manfaatkan seperti yang dikatakan dalam kitab Kejadian 1 ayat 29 yang berbunyi demikian : Berfirmanlah Allah: “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu. Tuhan Allah memanglah sangat baik kepada kita dengan memberikan kepada kita seluruh kekayaan alam termasuk hutan di dunia untuk dinikmati dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya, namun pada kejadian 2 : 15 berbunyi : TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.” Dalam ayat tersebut dikisahkan Adam yang diletakan ke taman Eden oleh Tuhan lalu Tuhan memberi ia kebebasan memanfaatkan alam yang ada disana dan memelihara taman itu. Apabila dilihat dari sudut pandang lain, yang dimaksudkan disini adalah Tuhan tidak hanya mempercayakan kita akan seluruh kekayaan alam didunia ini, namun dalam ayat tersebut dapat terlihat kata “memelihara” yang berarti kita sebagai umat manusia selain memanfaatkan kekayaan alam yang diberi Tuhan, kita juga harus memelihara kekayaan alam yang termasuk didalamnya adalah hutan.

Oleh karena itu, kita sebagai anak-anak Tuhan haruslah pandai dalam memanfaatkan alam yang diberikan Tuhan kepada kita dan jangan lupa kita harus menjaga kelestarian dari hutan dan segala ciptaan-Nya di dunia ini. God Bless You ☺

 

 Mr. I             

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s