Hari Penyandang Cacat Internasional (International Day of People with Disability)

 

disability

Syalom PMK-ku, aku mau memberitahu kalau hari ini adalah hari penyandang cacat internasional yang selalu diperingati pada tanggal 3 Desember.
Tujuan dibuatnya hari penyandang cacat internasional adalah untuk meningkatkan kesadaran untuk mengkampanyekan pemahaman tentang masalah-masalah difabel(keterbatasan diri), menggalang dukungan untuk memperjuangkan kesejahteraan difabel, serta memperjuangkan kesadaran masyarakat mengenai manfaat integrasi kaum difabel dalam setiap aspek kehidupan.
Setiap tahunnya hari penyandang cacat internasional mempunya tema yang berbeda-beda. Tema tahun ini adalah “Achieving 17 Goals for the Future We Want” dimana menurut pemahaman saya artinya adalah “mencapai 17 tujuan untuk masa depan yang kami inginkan.” Tema ini berfokus pada peran dari tujuan pembangunan yang berkelanjutan dalam membangun dunia yang lebih inklusif (menempatkan dirinya ke dalam cara pandang orang lain/ kelompok lain dalam melihat dunia, dengan kata lain berusaha menggunakan sudut pandang orang lain dalam memahami masalah).
Tingkat kecacatan meningkat secara global, sebagian karena penuaan populasi dan peningkatan kondisi kesehatan kronis. Sehingga diskriminasi dan stigma masih menjadi hambatan bagi para penyandang cacat untuk dapat berpartisipasi penuh baik dalam pekerjaan, pendidikan dan perlindungan sosial. Hambatan lainnya bagi para penyandang cacat adalah biaya yang mahal untuk pelayanan kesehatan dan terbatasnya pelayanan kesehatan yang ada. Hambatan inilah yang menjadi tugas bagi kita untuk membantu para penyandang cacat supaya dapat memperoleh hak yang sama baik dalam pendidikan, kesehatan, dan apek yang lain.
Mungkin diantara kita atau disekitar kita masih ada yang mengalami keterbatasan diri, biarlah kita sebagai anak Tuhan dapat menjadi berkat bagi para teman-teman kita yang mengalami keterbatasan diri. Apa yang bisa kita lakukan untuk dapat menjadi berkat bagi penyandang cacat ? Dalam Mazmur 41:2 dikatakan “Berbahagialah orang yang memperhatikan orang lemah! TUHAN akan meluputkan dia pada waktu celaka.” Oleh karena itu yang harus kita lakukan adalah dengan memiliki sikap simpati disertai dengan tindakan. Ketika kamu ada disekitar orang yang mengalami keterbatasan diri janganlah kamu hannya mempunyai rasa kasihan saja tapi lakukan apa yang bisa kamu lakukan buat dia!
Semoga tulisan ini dapat menjadi pengingat bagi kita untuk dapat saling mengasihi sesama kita manusia terlebih kepada saudara dan saudari kita yang mengalami keterbatasan diri.
Referensi: http://www.ibtimes.co.uk/what-theme-this-years-international-day-persons-disabilities-1594599
-SARIBURAJA-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s