BUMI? BENDA APA ITU?

 

Hari-Bumi-2017

Tahukah PMKers tanggal 22 April 2017 peringatan Hari Bumi Internasional? Sebenarnya apa itu Hari Bumi dan kenapa kita harus memperingatinya? Hari bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi diperingati untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi.
Kenapa ya hari Bumi harus jatuh pada tanggal 22 April ? hmmm
alasan mengapa Hari Bumi jatuh tanggal 22 April karena tanggal tersebut bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) dan musim gugur di belahan bumi selatan.
Tapi, PMKers tahu tidak kalau PBB sendiri merayakan hari Bumi berbeda dari tanggal 22 April? Yupss PBB merayakan hari Bumi pada tanggal 20 Maret. Loh kenapa bisa? Hal itu merupakan tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari di mana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret. Saat ini hari bumi diperingati oleh 175 negara dan secara global telah dikoordinasi oleh Jaringan Hari Bumi atau Earth Day Network.
Setelah PMKers tahu sedikit banyak asal-usul hari Bumi, Kita akan membahas lebih lanjut mengenai Bumi
PMKers pasti tahu kalau bumi adalah planet ketiga dari matahari yang terbentuk sekitar 4,54 miliar tahun yang lalu. Sampai saat ini yang kita ketahui Bumi adalah planet satu-satunya yang menopang kehidupan. Ada jutaan makhluk hidup yang tinggal di Bumi, termasuk manusia yang ikut andil dalam mengubah isi bumi seperti lingkungan. Kenapa hanya bumi yang bisa ditinggali oleh makhluk hidup? Karena Bumi memiliki :
1. Punya daratan
Daratan tempat kita berpijak. Beberapa planet yang tidak memiliki daratan, seperti planet Jupiter, Saturnus dan Uranus.Planet planet besar tersebut hanya terdiri dari total gas. Tentu saja ini tidak akan mungkin dihuni oleh manusia karena tidak ada tempat berpijak. Manusia sepertinya memang didesain hanya bisa hidup dengan cara berpijak didaratan.
2. Bumi memiliki pengaturan suhu yang sangat canggih
Bumi tidak terlalu dekat dan tidak juga terlalu jauh dari matahari.
Bandingkan dengan Pluto, suhu Pluto sangat rendah, yaitu minus 328 derajat Celsius. Dengan suhu seperti itu, makhluk biologis apa yang sanggup hidup. Atau yang sebaliknya, yaitu daratan di planet Mercurius. Planet ini sangat dekat dengan matahari, sehingga suhunya sangat tinggi, bahkan bisa melelehkan logam timbal.
3. Bumi memiliki sistem daur ulang air yang canggih
Dimana air kotor yang telah kita pakai akan meresap maupun menguap dan kemudian turun lagi menjadi 100% air jernih yang dapat dimanfaatkan kembali Bumi dengan mekanisme penyulingan air.
4. Bumi mempunyai ATAP sebagai pelindung
Atmosfer Bumi ternyata dipenuhi dengan zat yang berfungsi sebagai atap yang melindungi dari cahaya maut matahari. Salah satunya adalah ozon, yang akhirnya bisa membuat cahaya matahari tak mengandung ultraviolet lagi.
5.Bumi memiliki udara dalam atmosfer
Ciri khas dari makhluk hidup adalah bernapas. Manusia dan hewan memerlukan oksigen untuk bernafas, dan tumbuhan memerlukan karbondioksida.
6. Bumi punya gunung dan lembah
Gunung dan lembah ini pun termasuk sebagai salah satu persyaratan agar planet dapat dihuni. Agar terjadi siklus siang dan malam, Bumi berputar pada porosnya seperti gasing.
7. Bumi memiliki pabrik makanan buat seluruh makhluk hidup
Planet Bumi secara sistemik bisa memproduksi dan menyediakan berbagai kebutuhan makhluk-makhluk yang tinggal di dalamnya.
Di luar negeri biasanya Hari Bumi dijadikan momen untuk kembali menyadari bagaimana pentingnya menjaga lingkungan dan ekosistem agar kehidupan makhluk hidup yang ada di Bumi tetap lestari. Isu-isu global yang hangat diperbincangkan seperti pemanasan global dan polusi industri menjadi PR besar bagi kita dalam menjaga lingkungan.
Nah..PMKers sebagai generasi muda yang membanggakan sepatutnya bisa melakukan tindakan yang nyata dan sederhana untuk menjaga Bumi kita tetap sehat, misalnya dengan cara membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon di lingkungan sekitar atau berhemat dalam penggunaan energi listrik saat melakukan aktivitas.
Yuk kita sama-sama jaga Bumi kita !! WE LOVE YOU, EARTH !!

-REINE-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s