Hari Pendidikan Nasional

 

hardiknas

“Education is not preparation for life; education islife itself.” ~John Dewey

Pendidikan melepaskan kita dari batasan-batasan pikiran dan memaksa kita untuk mempertanyakan sesuatu. Membuka pikiran mengenai batasan-batasan di sekitar tempat tinggal kita dan dunia . Bagaimana kita menempatkan keputusan diri kita dalam hak dan kewajiban kita sebagai makhluk sosial. Pendidikan mengajarkan kita budaya, budaya untuk berpikir, bertingkah laku, beradaptasi, menghasilkan inovasi dan mencapai keberhasilan .
Secara umum masyarakat berpikir pendidikan hanya ada di dunia sekolah atau perkuliahan, inilah hal yang perlu kita kaji saat ini. “Kita terlalu sering memberi setangkai bunga pada anak kecil ketika seharusnya kita mengajarkan mereka cara menumbuhkan tanamannya sendiri”. Jika pendidikan adalah bunga, batangnya adalah pengetahuan yang terdapat sekolah atau kuliah, sementara akarnya merupakan pengetahuan umum, dan daunnya adalah pengetahuan dari diri sendiri yang biasa kita dapat dari pengalaman hidup kita.
“Pendidikan tidak menjamin nasib seseorang,pendidikan menjamin cara berfikir otak !” – artikel pendidikan.
Inilah sebenarnya yang disebut dengan pendidikan, yaitu menerapkan kemajuan dan penemuan baru untuk mewujudkan cita-cita masyarakat agar kemajuan yang diinginkan dapat tercapai. Orang-orang yang berpikir baik akan menghasilan reformasi yang mengarah terhadap pengembangan dan penelitian yang tepat guna baik untuk dirinya sendiri, orang disekitarnya, dan negaranya .
Pendidikan sama halnya seperti udara, setiap orang membutuhkannya ,tak ada batasan usia dalam pendidikan, karena pendidikan menghasilkan pemikiran yang rasional bahkan dalam pengambilan keputusan sekecil apapun itu. Sama halnya dengan otak kita, pendidikan jasmani juga tidak kalah pentingnya karena dalam jiwa yang sehat terdapat pikiran yang baik pula.
Yang perlu digarisbawahi adalah pendidikan berarti bagaimana kita melampau batas derajat dan terus mencari pengetahuan. Pendidikan menjadikan seseorang menjadi manusia yang utuh dan belajar melampaui hidup .
Selamat Hari Pendidikan Nasional untuk seluruh pengajar dan pelajar Indonesia!
Selamat ulang tahun bapak Ki Hadjar Dewantoro !
“Ing ngarso sung tulodo (di depan memberi teladan), Ing madyo mangun karso (di tengah memberi bimbingan), dan Tut wuri handayani (di belakang memberi dorongan)”.

-BELLVA-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s