Hari Kebangkitan Nasional Indonesia

 

HARKITNAS

Kebangkitan Nasional adalah Masa di mana Bangkitnya Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan Belanda dan Jepang.
“Indie Vooruit (Hindia Maju)”
Apa itu Indie Vooruit? Yap benar Indie Vooruit atau (Hindia Maju ) adalah Semboyan dari organisasi Budi Utomo.
Sebelum adanya organisasi Boedi Oetomo, perjuangan rakyat Indonesia terkesan sendiri-sendiri dan hanya menggunakan senjata atau otot. Bangsa Indonesia tidak berdaya menghadapi Belanda karena mereka jauh lebih banyak dan memiliki senjata yang lebih modern. Namun, setelah berdirinya Boedi Oetomo, Bangsa Indonesia memiliki jalan lain dalam berjuang–melalui politik atau kepintaran diplomasi. Organisasi-organisasi sejenis bermunculan dan mencakup area yang lebih luas, seperti Jong Java (pemuda-pemudi seluruh Jawa), Jong Batak, Jong Ambon, dan lainnya, yang secara tidak langsung memupuk rasa kesatuan dan bela rasa terhadap penderitaan bangsa sendiri. Hari Kebangkitan Nasional juga menjadi pelopor bagi munculnya Sumpah Pemuda, tanggal 28 Oktober 1928, hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. Hari Kebangkitan Nasional telah menjadi tonggak sejarah, momen terpenting dimulainya perjuangan Bangsa Indonesia menjadi Bangsa yang merdeka dan berdaulat, meskipun banyak rintangan dan hadangan yang kerap muncul.
Kolose 4 : 12
“ Salam dari Epafras kepada kamu, ia seorang dari antaramu, hamba Kristus Yesus yang Selalu bergumul dalam doanya untuk kamu, supaya kamu berdiri teguh, sebagai orang – orang yang dewasa dan yang berkeyakinan penuh dengan segala hal yang dikehendaki Allah. “
Saat melalui tanggal 20 Mei hari ini, saya kembali teringat mengenai perjalanan hidup saya sebagai orang Kristen. Banyak masalah yang harus saya hadapi, tetapi ada sebuah tonggak sejarah–layaknya Hari Kebangkitan Nasional–yang menjadi titik perjuangan saya dan Anda di dalam mengikut Yesus Kristus. Tonggak-tonggak sejarah itulah yang seharusnya selalu kita ingat kala menghadapi masalah dan rintangan. Hari-hari di mana pengalaman Yesus menjamah hati dan pikiran Anda adalah suatu waktu yang harusnya kembali membuat Anda semangat melanjutkan hidup dan melalui semua masalah itu.
Hidup memang akan selalu diperhadapkan kepada masalah, namun bersama Yesus, kita akan melalui semua masalah itu tanpa kecuali. Tetap Semangat dan Tuhan Yesus Memberkatimu.

-SUNSHINE-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s