KENAIKAN YESUS KE SURGA

 

Poster Kenaikan

Hari kenaikan Yesus ke surga. Sebelum Yesus terangkat ke surga, ada tugas dan janji yang disampaikan-Nya (Matius 28;19-20). Tugas atau amanat tersebut itu masih berlaku hingga kini sampai nanti Ia datang yang kedua kalinya. Kita patut bersyukur bahwa kita masih diberikan waktu dan kesempatan untuk melaksanakan amanat Agung-Nya, janji-Nya pun masih berlaku bahwa Ia akan menyertai kita, bahkan Ia telah mengirimkan Roh Kudus-Nya untuk menjadi Penolong bagi kita. Mari kita menjadi saksi kasih-Nya bagi dunia yang membutuhkan kasih Tuhan Yesus yang kekal itu. Fakta Yesus naik ke surga, itu dicatat oleh Yohanes, “Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa.” (Yoh 16:28). Yang menguatkan kita harus selalu meneladani Yesus, walau kita sekarang masih hidup di dunia Tuhan bekerja dan meneguhkan Firman-Nya.
Dengan demikian, makna peringatan yang sangat istimewa ini adalah setelah 40 hari menyatakan diri di tengah-tengah murid-murid-Nya, kemudian meninggalkan murid-murid-Nya dan naik ke surga dari Bukit Zaitun, lalu kemudian berjanji akan datang kembali untuk menjemput kita. Tujuannya adalah untuk membuktikan bahwa Ia betul-betul bangkit dari antara orang mati dan betul-betul hidup. Ketika kita merayakan hari kenaikan-Nya ke surga, hal yang penting diketahui bahwa ada satu manusia yang hidup di dalam surga, yaitu Yesus Kristus. Artinya “manusia di surga” itu telah menjadi suatu fakta yang riil, bukan lagi sekedar mimpi ataupun kemungkinan. Apa yang tadinya tidak masuk akal bagi manusia telah dijadikan masuk akal oleh Yesus. Dengan demikian, kenaikan Yesus ke surga merupakan salah satu tonggak dasar iman percaya kita. Karena dengan kenaikan ke sorga, Kristus membuktikan Dia Allah penguasa surga. Dengan memahami makna dan tujuan di atas, maka kenaikan Kristus ke surga merupakan klimaks dari kehidupan Yesus Kristus di dunia. Tuhan Yesus terangkat ke surga setelah Ia menempakkan diri beberapa kali dan terakhir kepada pengikut-pengikut-Nya. Kenaikan-Nya, menyediakan tempat bagi kita, sehingga setiap orang percaya yang sudah bertobat dan hidup seturut Firman Allah, pasti akan menerima keselamatan yang kekal di dalam surga. Kenaikan-Nya dan susuk di sebelah kanan Allah tujuannya menjadi Pembela kita. Sebagai pembela, Dia tidak akan meninggalkan kita bahkan Dia menyediakan yang terbaik bagi tiap-tiap kita. Itu sebabnya, Alkitab mencatat bahwa kenaikan Tuhan Yesus ke surga ialah untuk menempati posisi yang teragung dan tertinggi, yaitu duduk di sebelah kanan Allah Bapa (Kis 2:33; Rom 8:34; Ef 1:20; Kol 3:1; Ibr 1:3, 13,8:1, 10:12, 12:12, 1 Ptr 3:22).
Hal menarik untuk menjadi renungan kita dalam memperingati kenaikan-Nya, semakin disadari pentingnya memiliki kerendahan hati yang selalu Yesus ajarkan kepada pengikut-Nya. Sikap merendahkan diri Kristus ini terwujud secara sempurna melalui tindakan ketaatan-Nya terhadap kehendak Allah Bapa. Jalan perendahan dirilah yang secara aktif dipilih oleh Kristus. Gambaran sebagai hamba yang menderita adalah figur yang melekat pada Anak Manusia. Kerendahan hati itu tampak ketika Yesus melalui jalan kehidupan salib justru hasilnya telah membawa-Nya pada kemuliaan. Kerendahan hati itu jugalah membuktikan bahwa Yesus adalah teladan kita. Marilah menempuh jalan perendahan kita, agar pada waktunya Allahlah yang akan menghargai dan meninggikan kita. Dengan demikian, maka Ia yang telah naik ke sorga adalah yang tetap hadir bersama kita dalam kemuliaan yang kita lihat dengan mata iman. “duduk di sebelah kanan Allah, Bapa yang Maha Kuasa” merupakan gaya bahasa yang menggambarkan Kristus yang telah diangkat dalam kemuliaan oleh Bapa yang melalui tanganNya Bapa menyerahkan pemerintahan sebagai Tuhan atas segala yang ada di surga dan di bumi sampai pada waktunya Ia akan turun ke bumi pada hari penghakiman (Ef 1:20-21; Flp 2:9; 1 Kor 15:27).

-MICKEY MINNIE-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s