SSB 2017 PMK FEB UNDIP – “SHARE YOUR LOVE”

DSC_0341

Shallom PMKerss, gimana SSB 2017 kemarin? So pasti seru dong, keseruan sama pelajaran yang didapat kemarin didapat kemarin di sana belum lupa kan? So pasti jangan dilupakan ya, soalnya guna banget loh sama kita buat belajar betapa pentingnya rasa bersyukur hehe. Untuk mengingatkan kembali, kali ini kita membahas keseluruhan rangkaian acara kita yang kemarin. So, check it out Guys!!!!

Social and Spiritual Building (SSB) adalah salah satu acara PMK yang di mana seperti camp yang bertujuan untuk membangun mental kita sebagai anak-anaknya Tuhan, baik secara rohani maupun ilmu kita. SSB ini sendiri merupakan salah satu kegitaan kita untuk merayakan Hari Paskah dengan berbagi kasih baik dalam bentuk perhatian , kepedulian , maupun dalam bentuk materi kepada sesama kita yang lebih membutuhkan. SSB yang diadakan tanggal 12-14 Mei mengangkat tema “Share Your Love” dengan ayat yang diambil dari 1Korintus 13:3 “Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikit pun tidak ada faedahnya bagiku”, melaui tema ini kita sebagai anak-anaknya Tuhan diajak bahwa segala sesuatu yang kita lakukan itu harus didasari dengan kasih, bukan karena harus ataupun terpaksa. Karena dengan kasihlah maka hal yang kita lakukan itu berarti di mata Tuhan.

Acara yang diselenggarakan di HARAPAN BAWEN ORPHANAGE ini memiliki serangkaian acara yang sangat menarik dan menyenangkan, mulai dari Opening ceremony, Saat Teduh, Sesi, Baksos (kerja bakti), Talent Show, ada juga kegitan Nobar alias nonton bareng lho, tak ketinggalan acara yang selalu dinantikan penampilan dari OBKIAL juga ada lo. Untuk itu yuks kita bahas satu per satu.
SSB kali ini dibuka dengan Opening Ceremony kata sambutan dari Ketua Panitia Andreas Parulian yang mengajak kita untuk membentuk jati diri dalam berbagi dan melayani orang-orang sekitar kita yang lebih membutuhkan dan mengharapkan dengan acara ini menjadi proses belajar bagi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam hal hubungan kita terhadap sesama kita, terutama dengan Tuhan kita. Selain itu, ada juga kata sambutan dari Pimpinan Panti Asuhan Harapan Bawen yaitu Pak Marthen Ngguso.
Setelah itu, ada acara Sesi yang terdiri dari tiga sesi, keseluruhan sesi dibawakan oleh Pak Budi Harianto yang sering dipanggil “Koh Budi”. Setiap sesi memiliki pembahasan masing-masing loh. Seperti, di Sesi 1 yang memiliki tema “Love from God” membahas bahwa “Hanya Tuhan yang bisa menyelamatkan kita dengan menerima Yesus sebagai Juruselamat“ dari pernyataan ini kita diajak supaya tumbuh dalam bertumbuh dalam di dalam Tuhan dengan pasti tanpa kecuali, karena hanya dalam Dia kita akan diselamatkan, bahkan agama sekalipun tidak akan menyelamatkan kita. Sesi 2 memiliki tema “Love to God” yang membahas tentang “Segenap hati kita hanya untuk Tuhan dan apapun yang semua yang kita lakukan seturut kehendak-Nya”. Dari tema tersebut dapat kita ambil bahwa kita harus mengutamakan Tuhan di atas segalanya meskipun itu teman, sahabat, pacar, bahkan keluarga. Karena Yesus pernah berkata “Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih daripa-Ku, ia tidak layak bagi-Ku: Dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki daripada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku”. Sesi 3 yang terakhir mengangkat tema “Love The Nation” yang membahas tentang masalah-masalah sekarang yang ada di Indonesia seperti kemiskinan, korupsi, lemahnya penegakan hukum, SARA, kemacetan, pergaulan bebas dan narkoba, gaya hidup konsumtif, dan pengangguran. Dari hal ini kita diajak supaya kita lebih mencintai negeri Indonesia kita tercinta. Seperti hal Tuhan juga sangat mencintai bangsa-Nya sendiri (Yunus 4:10-11). Dan kita harus menjadi teladan, memberi pengaruh, menjadi penjaga, dan melaksanakan tugas utama kita memberitakan injil.
Ada juga sesi SATE atau Saat Teduh yang diadakan dua kali sehabis bagun pagi. Sate 1 dibawakan Bang Edward 2014 dengan tema “Menjadi Ciptaan Baru di Dalam Kristus” yang mengajak kita untuk membuang cara hidup kita yang lama harus dibuang dan harus mencerminkan cara hidup Kristus itu sendiri mulai dari sikap, pikiran, perkataan, perbuatan, semua harus sesuai dengan karakter Kristus. Perubahan inilah yang disebut dengan hidup yang baru. Sate 2 dibawakan Kommi 2016 dengan tema “Karunia Memberi” yang mengajak kita untuk hidup dengan memberi yang didasari dengan kasih baik kepada sesama kita manusia dan terutama kepada Allah Bapa.
Setelah itu, kita ada acara Baksos (Kerja Bakti) untuk membersihkan keseluruhan lingkungan panti. Dalam baksos ini, seluruh peserta dibagi menjadi 8 kelompok dibagi ke setiap pos masing-masing. Kegiatannya itu sendiri yaitu, ada yang membersihkan kamar mandi, tempat tidur, kebun, tempat sampah dan ada juga yang mengecat dinding panti. Dalam kegiatan baksos, dapat dilihat dari seluruh wajah peserta dikerjakan dengan perasaan kasih dan perasaan gembira tanpa ada tekanan dan beban.
Kegiatan yang tak kalah menyenangkan yaitu Nobar bersama dengan anak panti film yang ditonton kali ini adalah film dengan judul “This Is Our Time” . Buat teman-teman yang belum nonton film ini harus segera ditonton ya, karena banyak pelajaran hidup yang bisa didapat lho hehehe. Sinopsis film ini sendiri yaitu Lima teman memilih jalan Tuhan dan berharap bisa membuat perubahan di dunia. Mereka berpegang teguh pada tujuan dan ingin mengubah mimpi menjadi kenyataan, tak peduli bagaimanapun. Tapi ada kalanya semua sesuai dengan yang diharapkan ada kalanya kita diuji saat kita benar-benar jatuh bahkan kita menyalahkan Tuhan itu sendiri. Film ini mengajarkan kita bagaimana hidup itu sendiri terutama hidup sesuai jalan Tuhan. Harus ditonton ya guys buat yang belum nonton hehehe

DSC_0041

Dan terakhir, ada Talent Show yang dilanjutkan dengan penampilan dari OBKIAL. Di Talent Show ini sendiri di bagi menjadi 8 kelompok dan membawakan penampilan dengan tema masing-masing, temanya itu sendiri tak jauh beda dengan apa yang dibahas di Sesi 3 yaitu keadaan negara kita sekarang yaitu, Kemiskinan, Korupsi, Lemahnya Penegakan Hukum, SARA, Kemacetan, Pergaulan Bebas dan Narkoba, Gaya Hidup Konsumtif, dan Pengangguran. Dalam talent show ini kebayakan peserta membawakan dalam bentuk drama ada juga dari lagu dan dihadirkan juga juri-juri yang sangat keren lho, penampilan dari seluruh peserta juga sangat lucu, keren, dan sangat menarik.
Setelah itu, dilanjutkan dengan penampilan dari OBKIAL dengan tema “Lakon Rumah” dengan ayat pendukung Matius 22:42-44. Di penampilan kali ini OBKIAL memberikan sebuah penampilan yang sangat menghibur untuk seuruh peserta dan juga aksli lucu dari pemeran lakon yang mengundang gelak tawa dari semua penonton “hmhmh” salah satu aksi lucu yang mungkin paling diingat malam itu. Terlepas dari itu pesan yang disampaikan adalah yang paling penting yaitu bagaimana kita menyiapkan diri kita untuk menyambut kedatangan Raja Mulia yaitu Yesus Kristus untuk kedua kalinya.
Di penghujung acara yaitu closing ceremony dari ketua panitia yaitu Andreas Parulian 2014 dan ditutup dengan kata sambutan dari Pak Marthen Ngguso yang memberi pesan untuk kita semua yaitu untuk melayani dengan sungguh-sungguh (Yoh 9:1-5) dan terutama harus didasari dengan kasih.
Nah… Sekian liputan mengenai SSB 2017 dan mengucapkan terima kasih buat Panitia SSB yang telah menyelenggarakan acara ini dan bagi masyarakat PMK yang sudah berpartisipasi dalam acara ini. So, ingat ya “Share Your Love”. Tuhan Memberkati Kita. Shallom!
– FRODO BAGGINS –

untuk link foto-fotonya dapat dilihat di :
http://bit.ly/2s4MrmF

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s