World Teacher’s Day

teacher copy

Hari guru mewakili sebuah kepedulian, pemahaman, dan apresiasi yang ditampilkan demi peran vital guru, yaitu mengajarkan ilmu pengetahuan dan membangun generasi. Hari Guru Sedunia adalah hari yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober sejak tahun 1994 untuk memberikan dukungan kepada para guru di seluruh dunia dan meyakinkan mereka bahwa keberlangsungan generasi pada masa depan ditentukan oleh guru. Hari Guru Internasional bisa dimaknai sebagai pemahaman, kepedulian, dan apresiasi yang ditampilkan terhadap peran vital guru, yaitu melakukan transmisi ilmu pengetahuan dan membangun generasi muda. Guru harus diberdayakan sebagai langkah penting menuju pendidikan yang berkualitas dan masyarakat yang berkelanjutan.
Nah guys,betapa pentingnya sosok pahlawan tanpa tanda jasa ini bagi kehidupan kita,bahkan keberlangsungan kehidupan bangsa ,negara bahkan dunia. Tanpa kehadiran seorang guru huruf tidak akan pernah bisa menjadi susunan kalimat yang bermakna.
“A good teacher can inspire hope, ignite the imagination, and instill a love of learning.” — Brad Henry”
Nah,firman Allah juga menjelaskan mengenai perilaku seorang guru yang baik seperi terrulis di kitab Yakobus 3:1 “Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru; sebab kamu tahu bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat”
Apa maksudnya? Apakah Alkitab tidak menganjurkan pengikut Kristus menjadi guru? Kalimat selanjutnya memberi penjelasan. Yakobus sedang memberikan peringatan agar orang tidak memandang ringan peran guru dan sembarangan saja mengajar orang lain. Jika seseorang mengajarkan hal yang salah, yang diajar jadi ikut sesat, karena itu Tuhan menuntut pertanggungjawaban yang lebih dari mereka yang menyebut dirinya sebagai guru seperti juga tertulis dalam kitab Matius 18:6 “Tetapi barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil ini yang percaya kepada-Ku, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia ditenggelamkan ke dalam laut.”

Adakah dalam hari-hari ini kita diberi kesempatan untuk mengajar orang lain? Mungkin sebagai pemimpin, gembala, orangtua, atau bahkan seorang pengajar profesional. Mari memeriksa diri, apakah kita sudah pantas untuk digugu dan ditiru. Tindakan dan perkataan kita, dapat membawa orang-orang makin mengenal dan memuliakan Tuhan, atau sebaliknya, menjauh dan melakukan apa yang mendukakan hati-Nya. Nah… melalui firman ini kita juga bisa loh menjadi guru, menjadi teladan dari sikap serta tingkah laku kita dan bisa menjadi contoh bagi orang lain.
Happy World Teacher’s Day !!
–Belva-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s