Penyembahan Berhala Zaman Now

15211021278871 Yohanes 5 : 21 Anak-anakku, waspadalah terhadap segala berhala.
Ayat diatas adalah penutup dalam kitab 1 Yohanes yang memiliki judul perikop pengetahuan akan hidup yang kekal, yaitu hidup selama-lamanya dimana kita berada bersama-sama dengan Bapa. Isi dari perikop ini adalah untuk mengingatkan anak-anak Tuhan agar hatinya tetap setia kepada Tuhan, dan tidak menyimpang ke kanan dan ke kiri.
Hmmm, kira-kira yang yang dimaksudkan berhala disitu apa ya? Apakah ketika kita menyembah Yesus tetapi menyembah allah yang lain juga? Atau ketika apa?
Berhala tidak harus berbentuk patung atau benda mati yang kita sembah, atau mungkin pemujaan roh-roh atau arwah-arwah. Ketika hati kita lebih mencintai dunia daripada Tuhan artinya kita menjadikan dunia berhala, ya dunia menjadi tuan dan tuhan dalam hidup kita. Keinginan daging sering sekali kita prioritaskan, kita utamakan, sampai akhirnya kita melupakan titah-titah Allah dan kerinduan hati-Nya. Hal itu mengindikasikan bahwa Tuhan Yesus belum menjadi satu-satunya Allah di dalam hidup dan hati kita, ada cinta yang lain, ini kondisi dimana kita menduakan hati Bapa.
Hati-hati iblis menyerang kasih kita pada Allah, hal ini agar kita mempunyai allah lain (berhala) dalam hidup. Mempunyai sesuatu hal yang kita sukai diluar Tuhan, diluar kebenaran dan perkenanan-Nya. Bahkan berhala-berhala itulah yang akan membuat kita semakin jauh dari Tuhan, yang membuat kita menjadi malas mengerjakan isi hati dan kerinduan-Nya. Kebanyakan dari kita terkadang suka menghabiskan waktu lebih banyak mengerjakan apa yang kita senangi seperti hangout, tidur-tiduran, main game, nonton film korea, nongkrong terlalu larut malam, leha-leha, main handphone berlebihan sehingga membuat kita malas untuk berdoa, baca firman, bersekutu, dan bersaksi. Dimulai dari kesukaan lain di luar Tuhan, iblis akan bawa lagi pada kesukaan-kesukaan yang lain, dan itu akan semakin mengikat dan menjerumuskan kita di dalam dosa. Ingat dosa itu mengikat dan memperbudak.
Kalau saat ini kita sadar bahwa ada berhala di dalam hidup, segeralah minta dimerdekakan sama Tuhan, biar cinta di dalam hidup kita tidak lagi terbagi antara Allah dengan berhala, pastikan bahwa cinta kita hanya untuk-Nya. Dia menjadi satu-satunya Allah dalam hati dan kehidupan kita, ingat jangan ada yang lain.
Jangan turuti kedagingan dan keinginan hati kita yang jahat, serahkanlah seluruh kesukaan dan segala hal yang kita anggap paling berharga. Biar Bapa sendiri yang mengubahkan dan menguduskan hati dan hidup kita, agar didapati berkenan dihadapan-Nya (AMEN)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s