EARTH DAY

PMK A4 Landscape-picsay.pngEARTH DAY
Hallo PMKers tahu gak kira-kira hari ini hari apa? Hari ini hari yang penting banget loh buat kita sebagai manusia di dalam kehidupan ini. Yap! Hari ini adalah Hari Bumi Nasional. Tanggal 22 April setiap tahun diperingati di seluruh dunia sebagai Hari Bumi atau Earth Day. Sejarah mencatat, peringatan Hari Bumi (Earth Day) diselenggarakan pertama kali pada 22 April 1970 di Amerika Serikat. Penggagasnya adalah Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat dari Wisconsin yang juga pengajar lingkungan hidup.
Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dalam ayat Mazmur 65:9 “Engkau mengindahkan tanah itu, mengaruniainya kelimpahan, dan membuatnya sangat kaya. Batang air Allah yang penuh air. Engkau menyediakan gandum bagi mereka. Ya, demikianlah Engkau menyediakannya.”
Nah Google merayakan hari bumi dengan membuat Google Doodle yang di dalamnya menyatakan, kita harus menghargai sekaligus menaruh hormat terhadap bumi yang kaya dan luas. Bumi telah menyediakan banyak hal untuk generasi sebelum kita dan terus memelihara kehidupan serta mengilhami keajaiban. Dalam usianya yang diperkirakan sudah 4.543 juta tahun, bumi masih menjadi satu-satunya tempat di alam semesta yang sejauh manusia tahu bisa dihuni. Bumi juga diketahui sebagai planet paling padat di sistem tata surya dan planet terbesar di antara empat planet terestrial. Fakta-fakta menakjubkan tersebut hanya beberapa hal yang membuat bumi sangat layak diperingati setiap tahunnya lewat Hari Bumi.
Demikian Google melalui Google Doodle memberikan ulasan tentang Hari Bumi yang meceritakan kisah rubah yang bermimpi tentang bumi. Bumi yang ditinggalinya sudah penuh polusi dan berdampak sangat luas oleh perubahan iklim. Sang rubah terbangun dan terkejut dari tidurnya. Dia pun segera membuat langkah kecil dengan mengubah gaya hidupnya dan lebih peduli terhadap bumi. Sepanjang perjalananya sang rubah mengajak sejumlah temannya termasuk Momo si Kucing dan Kodok yang biasa hadir di Google Weather untuk memelihara kelestarian lingkungan.
Mereka berbagi tips memperingati Hari Bumi Mereka berjuang melawan aktivitas yang merusak lingkungan seperti perusakkan terumbu karang karena polutan. Ketiganya pun menginspirasi orang lain untuk mengurangi konsumsi daging, mengurangi pemakaian kendaraan bermotor, dan memutus sambungan listrik dari alat elektonik yang tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sunguh perbuatan yang sangat menginspirasi dari figure hewan-hewan kecil itu. Untuk itu, kita sebagai umat kristiani harus ikut turut serta melestarikan bumi mulai dari hal-hal sederhana seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak boros dalam penggunaan listrik dan air, dan lebih menggunakan bahan organic dari pada kimia. Semoga dengan perbuatan itu kita sudah turut andil dalam melestarikan bumi untuk masa depan kelak. Amin.

-AFSHEEN-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s