BUKU ADALAH JEMBATAN ILMU

Screenshot_2018-04-22-16-33-02-886_com.linecorp.lineat.android-picsayBuku adalah Jembatan Ilmu
Haloha PMKers! Sudahkah kamu membaca buku hari ini? PMKers pastinya tahu bahwa buku adalah jembatan ilmu. PMKers hari ini adalah Hari Buku Sedunia, dikenal pula dengan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia dan Hari Buku Internasional, merupakan hari perayaan tahunan yang jatuh pada tanggal 23 April yang diadakan oleh UNESCO untuk mempromosikan peran membaca, penerbitan, dan hak cipta. Di Inggris, hari perayaan ini jatuh pada hari Kamis pertama setiap bulan Maret. Hari Buku Sedunia dirayakan pertama sekali pada tanggal 23 April 1995.
Hubungan antara 23 April dengan buku pertama sekali dibuat oleh toko buku di Catalonia, Spanyol pada tahun 1923. Ide awalnya berasal dari penulis Valencia, Vicente Clavel Andrés sebagai cara untuk menghargai penulis Miguel de Cervantes yang meninggal pada tanggal tersebut. Pada tahun 1995, UNESCO memutuskan Hari Buku Sedunia dan Hari Hak Cipta Sedunia dirayakan pada tanggal 23 April, sebab tanggal tersebut juga merupakan hari kematian William Shakespeare dan Inca Garcilaso de la Vega, serta hari lahir atau kematian beberapa penulis terkenal lain. Tujuan diselenggarakannya World Book Day sebagai sebuah world event adalah untuk menyemangati masyarakat, terutama kalangan anak-anak untuk mengeksplorasi manfaat dan kesenangan yang bisa didapat dari buku dan membaca. Seiring dengan adanya globalisasi informasi dan perkembangan ilmu pengetahuan, sudah saatnya kita melebarkan aktivitas kita dalam dunia perbukuan dengan ikut berpartisipasi melakukan perayaan buku berskala internasional agar lebih mempromosikan buku dan literasi di tengah masyarakat.
Wah penting sekali ya buku di dalam kehidupan ini. Di dalam Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. Janganlah menjadi serupa dengan dunia (Rm. 12:2a). Serupa dengan dunia itu antara lain mementingkan diri sendiri, meterialistis, hedonis, suka berbuat dosa, tidak takut akan Tuhan, dan sebagainya. Janganlah kita terinfeksi oleh nilai-nilai dunia yang tidak menuruti Allah.
Ada dua jenis sikap orang terhadap dunia yang tidak tepat, yaitu: imitasi (meniru dunia) dan isolasi (menjauhi dunia). Tuhan tidak menghendaki keduanya. Tuhan menghendaki agar kita dapat mencegah pengaruh buruk dari dunia meresap ke dalam diri kita (insulasi) dan dapat menyaring apa yang berguna (filterisasi). Dengan demikian, kita tetap berada di dunia tetapi tidak menjadi serupa dengan dunia.
Selain itu, hendaklah kita berubahlah oleh pembaharuan budi kita (Rm 12:2b ). Berubah dalam bahasa Yunani adalah ”metamorphosis”, suatu istilah yang dipakai bagi ulat yang berubah menjadi kupu-kupu. Jangan lagi kita hidup dan berpikir seperti manusia lama, tetapi marilah kita menyerahkan diri untuk terus-menerus diperbaharui menjadi manusia baru yang serupa Kristus. Biarlah kita mengalami pembaharuan budi di dalam Kristus sehingga dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. Jangan menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi serahkanlah dirimu untuk ditransformasi di dalam Kristus.
Nah jadi PMKers boleh saja untuk menambah pengetahuan tetapi kita sebagai anak-anak Tuhan harus mampu terus berkembang selaras dengan kehendak Tuhan. Anak-anak Tuhan yang bukan hanya beriman tetapi harus mampu bermetamorfosis menjadi seseorang yang berbeda dengan dunia. Budayakan membaca buku karena semakin banyak pengetahuan yang baik bisa kita dapatkan untuk menjadi anak-anak Tuhan yang bertransformasi menghadapi kehidupan yang kompleks dengan berbagai masalah di dalam kehidupan ini. Jangan menjadi anak Tuhan yang kurang update dan terlalu mendalam mengikuti perkembangan zaman dikarenakan kita harus mampu menyaring banyak pengetahuan sesuai dengan firman Tuhan. Hanya celana aja yang boleh kendor, Semangatmu jangan sampai kendor PMKers (
-SUNSHINE-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s