Kita Harus Bangkit

hariktnas.pngShalom anak-anak Tuhan!

Selamat hari minggu, tak lupa pula Saya mengucapkan Selamat Hari kebangkitan Nasional untuk bangsa kita, yuk kita flashback tentang hari Kebangkitan Nasional.
Hari Kebangkitan Nasional adalah hari dimana Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme serta kesadaran bangkit untuk memperjuangkan kemerdekaan Negara kita Republik Indonesia, yang dulunya tidak pernah muncul selama penjajahan oleh Belanda dan Jepang. Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap tanggal 20 Mei harus menjadi pendorong kemajuan pendidikan nasional. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928). Masa ini merupakan salah satu dampak politik etis yang mulai diperjuangkan sejak masa Multatuli.
Artikel saat ini Saya mengambil tema “ Makna hari kebangkitan nasional bagi Mahasiswa krsiten “
Memperingati Hari Kebangkitan Nasional, banyak hal yang dapat kita ambil hikmahnya sebagai Mahasiswa kristen sebagai berikut :
Perubahan besar yang dimulai oleh satu orang.
Kebangkitan Nasional dimulai oleh tokoh yang bernama Dr.Wahidin Sudirohusodo. yang merupakan leluhur kita, putra bangsa dan pahlawan nasional. Dimana pada waktu itu Dr. Wahidin Sudirohusodo tidak tinggal diam dan ingin membuat perubahan pada bangsanya yang dimana cita-cita beliau pun menyebar kepada seluruh mahasiswa kedokteran pada zaman itu yang merupakan asal muasal dari kemunculan Budi Utomo.
Dorongan untuk bangkit yang dibentuk oleh rasa cinta.
Dr.Wahidin Sudirohusodo yang di dorong oleh rasa cintanya terhadap masyarakat Indonesia yang menderita, membuatnya bangkit melakukan sesuatu untuk masyarakat dan bangsa ini.
Cita-Cita Luhur yang harus disebarkan.
Dr. Wahidin Sudirohusodo bekerja keras untuk menyebarkan cita-citanya yang luhur, dan kemudian mendapat sambutan yang baik dari siswa Sekolah Kedokteran di Jawa.
Dari Poin-poin diatas, Kita ketahui bahwa mahasiswa berperan besar dalam hari kebangkitan nasional pada masa itu. Masa sekarang ini kita sebagai mahasiswa kristen untuk turut andil dalam memaknai dan melaksanakan Kebangkitan Nasional seperti ayat alkitab Roma 12:2 “ Jangan dipengaruhi dunia ini lagi. Sebaliknya, berubahlah dengan mengubah cara berpikir kalian, supaya kalian bisa membuktikan sendiri kehendak Allah yang baik, sempurna, dan menyenangkan Dia” dengan arti lain, apa yang Allah inginkan terjadi dalam hidup kita masa sekarang ini, jangan sampai kita justru seperti ayat Amsal 16:25 “Ada jalan yang disangka benar Tapi berujung pada kematian” kita jangan salah mempersepsikan apa yang Allah inginkan bagi kita sebagai bentuk memaknai hari kebangkitan nasional di era sekarang ini. Mari kita juga bercermin pada Sutomo,Gunawan Mangkusumo dan Cipto mangunkusumo yang saat itu belum menjadi dokter,dan tidak lain berstatus sebagai mahasiswa, mereka berhasil mendirikan Budi Utomo sebagai lambang kebangkitan nasional. Tuhan Yesus Memberkati.

Sumber :
https://sites.google.com/site/abdhiartikelampuh/makna-hari-kebangkitan-nasional-bagi-bangsa-indonesia

-REINE-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s