Dosa Karena Lidah

1536800385241.jpgDosa Karena Lidah
Yakobus 3 : 5-6 Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yang besar. Lidahpun adalah api ia merupakan suatu dunia kejahatan dan mengambil tempat di antara anggota-anggota tubuh kita sebagai sesuatu yang dapat menodai seluruh tubuh dan menyalakan roda kehidupan kita, sedang ia sendiri dinyalakan oleh api neraka.
Dalam hal inilah Yakobus melihat, seringkali seseorang mudah jatuh dalam dosa karena lidah. Dosa-dosa itu termasuk kata-kata yang keras dan tidak ramah, perkataan yang penuh dusta, pernyataan yang berlebihan, pengajaran palsu, kata-kata fitnah, bergosip, membual, dan lain sebagainya. Karena itulah Yakobus berusaha mengingatkan betapa licinnya lidah, dan besarnya kuasa lidah serta pengaruhnya dalam kehidupan kita.
Demikianlah lidah yang tidak terkontrol merupakan wujud dari kejahatan yang berasal dari dorongan hati yang paling dalam namun mampu menyebar hingga ke seluruh tubuh. Sumber masalah yang sesungguhnya adalah pikiran dan keinginan manusia yang membuat lidah menjadi jahat dan membawa dampak tidak baik.
Oleh sebab itu jagalah perkataan kita, muliakanlah Tuhan melalui setiap apa yang keluar dari mulut kita. Berbicaralah dengan santun, tidak sembarangan, dan dengan pemikiran yang matang, sebab dalam kitab Yakobus pun tertulis begini ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata.
Dalam kitab Matius 15 : 18 tertulis begini, Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang. Jagailah hatimu dengan segala kewaspadaan, sebab apa yang lidah katakan berasal dari hati, sikap kita dan pilihan kitalah yang menentukan apakah kita sedang mempermuliakan Tuhan atau justru sebaliknya. Yuk pakai lidah kita untuk memberkati orang lain dan menyenangkan hati Tuhan (

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s