Taat di Tengah Badai

Poster Jumatan, 08 Mei 2020

Renungan Jumatan

-Yakobus 4:7-

“Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!”

Berdasarkan ayat diatas  maka dapat dinyatakan bahwa bahwa mustahil bagi seorang manusia dapat melawan iblis apabila ia tidak tunduk kepada Allah. Allah lah sumber kekuatan kita.  Tunduk kepada Allah disini adalah sikap taat yang penuh, bukan setengah-setengah terhadap apa yang sudah tertulis di dalam Alkitab. Hal ini akan membantu kita tetap rendah hati dan bergantung penuh kepada Tuhan tiap-tiap harinya. Orang yang sombong tidak akan pernah mau tunduk kepada Allah, tetapi orang Kristen yang mau hidup dalam pengudusan Tuhan dan menjadi serupa dengan Kristus maka ia harus tunduk kepada Allah.

Terus terang saja, tunduk kepada Allah baik kepada firmanNya atau pribadiNya lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Dibutuhkan komitmen yang besar untuk menyingkirkan keegoan kita dan hak-hak yang menurut kita sudah selayaknya kita dapatkan, demikian pula untuk taat kepada Tuhan dengan kerendahan hati. Mengakui kedaulatan Tuhan dan percaya bahwa Dia tak pernah gagal, bukan sesuatu yang gampang diterapkan. Kita bisa merasa takut, apalagi saat menyadari bahwa mempercayai Tuhan itu berarti melepaskan kendali atas situasi yang sedang kita hadapi. Dunia dan daging kita secara konsisten terus menggoda kita dengan dusta, mengatakan bahwa akan lebih baik dan menyenangkan bila kita tetap mengendalikan situasi dan membuat keputusan-keputusan yang memuaskan keinginan dan harga diri kita yang egois.

Ketika kita tunduk kepada Tuhan berarti kita mengikuti jalan-jalanNya dengan setia,  Ketika kita tunduk kepada Tuhan berarti Tuhanlah yang memegang kendali hidup kita sehingga kita pun beroleh kekuatan untuk melewati setiap pencobaan demi pencobaan yang dilepaskan Iblis.  Penundukan diri harus tumbuh dari diri kita dan itu merupakan tindakan nyata setiap hari, bukan hanya waktu-waktu tertentu saja. Yakobus mendorong orang-orang percaya untuk dengan rendah hati menyerahkan hidup kepada Tuhan untuk melawan godaan dan menolak iblis. Allah mau kita hidup dekat kepada-Nya, hidup di dalam Dia dan firmanNya supaya kita mengerti kehendakNya dan rencanaNya. Tunduk kepada Tuhan berarti tunduk kepada firmanNya dan melakukan firman itu melalui tindakan nyata, bukan sekedar ucapan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s