GENIUS SERVANT

Poster Jumatan #13, 05 Mei 2020 - Live

[Renungan  Jumatan]

 “Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja; dimintanyalah kepada pemimpin pegawai istana itu, supaya ia tak usah menajiskan dirinya,” ( Daniel 1:8)

Daniel adalah salah satu tokoh teladan di alkitab yang memiliki integritas dan ketaatan yang tinggi kepada Allah. Proses yang dialami dalam kehidupan Daniel  diwarnai dengan sebuah perjuangan iman yang luar biasa untuk menjaga kesetiaannya. Tuhan telah  melimpahi dengan kekuatan, kekuasaan dan kedaulatanNya yang melampaui pikiran manusia.

Daniel selalu mengandalkan Allah dalam segala hal. Pada saat ia ingin menafsirkan mimpi dan mengalami kesulitan, ia tetap mengandalkan Tuhan. Bahkan saat memperoleh sukacita sekalipun ia tetap memuliakan nama Allah. ia tidak tergoda pada kenikmataan sesaat yang ditawarkan kepadanya.

Daniel memiliki karakteristik dan sifat yang patut kita tiru. Berikut adalah karakteristik Daniel yang menjadi kunci keberhasilannya:

  1. Integritas

Daniel adalah seorang yang mempunyai prinsip yang kuat dalam hidupnya dan tidak pernah mau kompromi terhadap dosa. Dia tidak memakan makanan dan minuman raja yang disediakan baginya, dan dia menolak menyembah patung yang dibuat oleh raja Nebukadnezar.

  1. Jujur dan dapat dipercaya

Daniel diberi kepercayaan untuk memimpin bahkan melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja, karena ia mempunyai roh yang luar biasa. Raja Darius bermaksud untuk menempatkan dia atas seluruh kerajaannya. Hal ini membuktikan bahwa Raja Darius memercayai Daniel untuk memegang suatu jabatan tertinggi dalam kerajaannya dan jelas juga terlihat bahwa Raja Darius bersahabat dengan Daniel karena dia dapat dipercaya dan dapat diandalkan.

  1. Setia

Daniel hidup diantara orang-orang yang menyembah patung berhala, namun dia tetap setia kepada Allah dan tidak pernah mau menyembah patung berhala tersebut. Daniel tetap berdoa sebanyak tiga kali sehari, bahkan dia berdoa dengan cara sembunyi-sembunyi agar tidak ketahuan oleh orang yang membuat larangan untuk menyembah ilah lain selain patung berhala.

  1. Tegas

Daniel adalah seorang pemimpin yang tegas. Dia juga tidak takut kepada siapapun jika dia tidak salah, sekalipun kepada raja. Daniel menjawab raja Darius dengan lantang saat raja Darius menanyakan kesanggupan Allah Daniel untuk menyelamatkannya dari goa singa. Dia menjawab raja Darius dengan tegas dan tanpa ada keraguan karena dia yakin bahwa Allah akan menolongnya.

Tokoh Daniel ini seharusnya dapat kita teladani dalam hidup kita, namun seringkali kita tidak meneladaninya. Daniel yang taat dan setia kepada Allah seharusnya dapat kita jadikan contoh agar kita juga dapat menjadi taat dan setia kepada Allah sama seperti Daniel meskipun kita hidup di tengah era globalisasi ini. Dunia ini semakin maju karena dipengaruhi oleh era globalisasi yang menawarkan berbagai hal duniawi yang menarik. Hasil dari globalisasi tersebut dapat mempengaruhi cara hidup dan prinsip seseorang. Akibat perkembangan globalisasi itu, seringkali kita menjadi lupa kepada Allah.

Kemajuan perkembangan iptek adalah hal yang baik namun akan menjadi sesuatu yang negatif bila kita tidak bijaksana dalam memilih perkembangan yang bagaimana yang hendak kita ikuti. Kita boleh saja mengikuti perkembangan zaman namun hendaknya kita jangan menjadi sama seperti dunia ini yang semakin tidak beradab dan tidak bermoral karena semakin jauh dengan Tuhan. Bila kita jauh dari Tuhan maka kita tidak akan dapat lagi mendengar suara Tuhan dan mengerti akan kehendakNya. sehingga kita tidak dapat lagi menaati Dia. Jauh dari Tuhan berarti jauh dari keselamatan dan beroleh kesukaran dalam hidup. Oleh karena itu, hendaklah kita dapat belajar dari tokoh Daniel dan menjadikannya sebagai teladan hidup kita pada masa sekarang ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s