SAY NO buat NARKOBA!

Penulis : Yossi Ruth

Shalom PMKers!

Apa kabarnya nih? Semoga sehat dan bahagia selalu ya.

Tepat hari ini, tanggal 26 Juni, kita memperingati HARI ANTI NARKOBA INTERNASIONAL. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Narkoba nih, yuk pastikan simak sampai habis ya PMKers!

Apa yang PMKers ketahui tentang narkoba (Narkotika, psikotropika, dan obat terlarang)?

Berdasarkan Pasal 7 UU No. 35 tahun 2009 tentang narkotika, Narkotika hanya dapat digunakan untuk kepentingan pelayanan kesehatan dan/atau pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Permasalahan yang banyak terjadi adalah penyalahgunaan atau pecandu narkotika menggunakannya di luar kepentingan atau kebutuhan medis, bahkan terkadang melebihi dosis yang dapat diterima oleh tubuh sehingga menyebabkan overdosis. Bagaimana pandangan alkitab terhadap penyalahgunaan narkoba?

Apa itu narkoba?

Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang. Menurut Pasal 1 ayat 1 UU No. 35 Tahun 2009 narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan.  Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku (Undang-Undang No. 5/1997).

Apa dampak penyalahgunaan narkoba bagi kesehatan?

Dampak penyalahgunaan narkoba tergantung pada jenis narkoba yang digunakan. Dampak ketergantungan atau kecanduan narkoba individu dapat terlihat pada fisik, psikis dan sosial atau lingkungan masyarakat tempatnya tinggal. Dampak terhadap fisik antara lain sakit kepala, mual-mual, susah tidur, tidak nafsu makan. Dampak terhadap psikis antara lain, memberikan rasa yang melambung tinggi, memberi rasa bahagia dan sangat percaya diri. Adanya rasa parno, gelisah ketika menggunakan dan susah tidur. Dampak terhadap lingkungan yaitu diasingkan dalam masyarakat, dan susah dalam bergaul di masyarakat. Dampak narkoba yang paling buruk terjadi jika si pemakai menggunakan obat-obatan tersebut dalam dosis yang tinggi atau yang dikenal dengan overdosis. Pemakaian sabu-sabu, opium, dan kokain bisa menyebabkan tubuh kejang-kejang dan jika dibiarkan dapat menimbulkan kematian.

Bagaimana pandangan alkitab terhadap penyalahgunaan narkoba?

“Segala sesuatu halal bagiku  , tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun.”(1 Korintus 6:12). Ayat ini merupakan pengajaran Paulus terhadap jemaat Korintus. Semua halal, tetapi  Ia tidak membiarkan dirinya diperhamba oleh suatu apa pun, termasuk oleh makanan dan percabulan. Tubuh kita adalah bait Allah, sudah sepatunya kita merawatnya untuk kemuliaan Tuhan.  Hal ini juga berarti menahan keinginan terhadap makanan yang dipersembahkan kepada berhala dan makanan yang menimbulkan penyakit.

Jika seseorang sudah terikat terhadap narkoba, relasi seseorang tersebut terhadap Tuhan dan keluarga akan rusak. Karena bagi pecandu, prioritas utamanya adalah mengonsumsi narkoba. Ia akan mengorbankan segala sesuatu yang ia punya hanya untuk mendapatkan narkoba. Oleh karena itu, jangan coba-coba memakai narkoba. Iblis bisa memakai siapapun untuk menghancurkan hidup anak-anak Tuhan. Berdoalah untuk meminta perlindungan dari Tuhan Yesus agar terhindar dari lingkungan yang dapat menjebak kita untuk menggunakan narkoba.

Bagaimana PMKers?? cukup jelas bukan bahwa Narkotika sangat tidak baik untuk diri kita dan bahkan relasi kita dengan Tuhan. Jadi yuk-yuk kita sebagai orang percaya dan mengenai Allah harus menjauhi narkoba!

Pelajaran apa yang teman-teman dapat nih, yuk sharing di kolom komentar!

One response to “SAY NO buat NARKOBA!

  1. Jauh jauh dari narkoba, terimakasih min sangat memberkati sekali, GBU

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s