Continuous Learning

Renungan Jumatan

Penulis: Bidang Doa

CONTINUOUS LEARNING

Salah satu alasan mengapa kita menerima keselamatan dan pengampunan dari Tuhan bertujuan supaya kita punya kehidupan yang lebih bertanggung jawab. Tuhan menciptakan manusia tidak hanya sekedar segambar dan serupa dengan Allah tetapi lebih dari itu untuk memiliki tanggung jawab.

Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi. “

(Kejadian 1 : 28)

  • Kita diberi tanggung jawab untuk memenuhi bumi bukan untuk penuh – penuhin bumi.

Memenuhi bumi artinya sadar bahwa kita diciptakan karena adanya sebuah tujuan dan rencana Tuhan di dalamnya. Penuh-penuhin bumi artinya hidup dengan tidak bertanggung jawab, hidup tanpa arah tujuan dan pastinya hidup di luar rencana Tuhan

  • Kita diberi tanggung jawab untuk menaklukan bumi bukan kita yang ditaklukan oleh bumi.
  • Kita diberi tanggung jawab untuk berkuasa tidak hidup didalam dosa bukan hidup menjadi budak dosa

Tuhan ingin manusia bertanggung jawab dengan jujur, mengakui dan bersedia menanggung konsekuensi. Semua hal yang kita katakan dan perbuat mengandung konsekuensi. Kita bisa menerima keselamatan dan pengampunan karena kita mau mengakui semua hal yang kita lakukan kepada Tuhan.

Mengakui dosa artinya kita mau bertanggung jawab kepada Tuhan atas semua kesalahan dan dosa yang sudah kita perbuat. Manusia pertama telah gagal untuk bertanggung jawab dengan apa yang sudah diperbuat dan memilih untuk mencari siapa yang salah. Menyalahkan orang lain, menyalahkan situasi, menyalahkan Tuhan adalah bentuk sikap kurang bertanggung jawab dengan kehidupan yang kita sedang jalani.

Kita tidak harus bertanggung jawab dengan yang dari luar yang mencoba masuk ke dalam hidup kita, Tapi kita bertanggung jawab penuh dengan respon yang keluar dari hidup kita.  Sebagian besar anak muda ingin menerima dan langsung melakukan tanggung jawab yang besar.Tanggung jawab yang besar akan datang seiring kita didapati dapat dipercaya menerima dan menyelesaikan tanggung jawab dengan perkara – perkara yang kecil.

Jadi marilah kita mengerjakan tanggung jawab hal – hal  yang kecil dengan hati yang besar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s