PERGUMULAN DAN KUASA TUHAN

Penulis : Adelina

Shalom PMKers!

Kita sebagai seorang manusia tentu saja tidak terlepas pergumulan hidup. Baik itu tentang keluarga, pendidikan, kesehatan, sahabat dan banyak pergumulan lainnya. Pergumulan hidup tidak akan ada habisnya selama kita hidup. Tetapi yang penting adalah apakah kita  bisa melewati pergumulan tersebut dengan mengandalkan Tuhan, atau kita hanya akan berlarut-larut didalamnya?

Pada Alkitab sendiri, ada kisah yang sangat menarik yaitu kisah dari Yefta. “Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa, tetapi ia anak seorang perempuan sundal; ayah Yefta ialah Gilead.”(Hakim-Hakim 11:1). Ketika saudara-saudara tirinya besar, mereka mengusir Yefta dari rumah mereka. Akibatnya ia pun pergi ke tanah Tob, negeri Aram. Disana ia berkumpul dengan petualang-petualang dan merampok bersama. Lalu tidak lama kemudian Israel berperang melawan bangsa Amon. Para tua-tua Gilead datang menjemput Yefta dari Tanah Tob untuk meminta bantuannya. Dan mereka akan menjadikan Yefta sebagai pemimpin mereka. Dan Yefta pun setuju. Lalu Yefta membawa seluruh perkaranya itu kehadapan Tuhan, di Mizpa. Lalu Roh Tuhan menghinggapi Yefta dan Tuhan menyerahkan bangsa Amon kedalam tangan Yefta, sehingga bangsa Amon telah dikalahkan. Lalu Yefta diangkat menjadi hakim atas Israel. (Hakim-hakim 11:1-33).

Dari kisah Yefta ini kita bisa mengambil suatu pelajaran bahwa dengan mengandalkan Tuhan tidak ada yang tidak mungkin. Yefta bisa saja menolak tua-tua Gilead untuk membantu mereka melawan bangsa Amon karena mereka membenci dan mengusir Yefta. Tetapi Yefta membawa semua perkaranya kehadapan Tuhan dan Tuhan membantunya dalam melawan bangsa Amon. Yefta menang melawan bangsa Amon bukan hanya karena kekuatannya sendiri tetapi juga karena kuasa Tuhan. Maka dari itu kita juga sebagai manusia hendaknya mangandalkan Tuhan dalam setiap pergumulan kita, maka Tuhan juga akan membantu kita melewati pergumulan tersebut. Tuhan memberkati!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s