Category Archives: Refomedia

Pendidikan bagi Generasi Muda

pendidikan nasiobna.pngPendidikan bagi Generasi Muda

Amsal 22:6. “Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya,  maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.”
Shallom PMKers! Kalian semangat kuliah hari ini kan? Pastinya semangat untuk masa depan yang lebih baik. PMKers pada tahu hari ini pada tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional yang diangkat dari hari kelahiran seorang tokoh pendidikan yaitu Ki Hajar Dewantara. Beliau adalah seorang Pahlawan Nasional yang berjuang di bidang pendidikan yang mengangkat taraf Pendidikan bangsa kita ketika masih dalam masa penjajahan dan karena perjuangannyalah sehingga ditetapkan hari kelahirannya sebagai hari Pendidikan Nasional.
Kita sepakat bahwa kehidupan kita sangat dipengaruhi oleh pendidikan. Bahkan, kemajuan suatu bangsa dan ketertinggalannya juga dipengaruhi oleh pendidikan. Sekarang telah banyak instansi dan lembaga pendidikan yang ada dan bertugas untuk memberikan didikan kepada umat manusia. Pendidikan yang ada saat ini lebih banyak fokus kepada pengembangan rasional. Padahal dalam kehidupan manusia bukan hanya terdiri dari hal-hal rasional saja. Manusia juga memiliki bahagian penting lainnya, yakni rohani, jasmani, psikologi, dan lain sebagainya.
Dalam Amsal 22:6, penulis Amsal mengamati “secara umum” sebab-akibat yang terjadi bagi orang dewasa dalam hikmat, jika mengarahkan generasi muda kepada jalan hikmat, maka hikmat itu akan menetap dan menuntun jalan mereka. Saat ini, kebanyakan anak muda yang dikepung bahaya oleh yang serius: narkoba, pornografi, paham-paham menyimpang dan banyak lagi. Banyak dari bahaya itu menyergap justru lewat hal-hal favorit mereka: gadget, komik, film, bahkan pertemanan. Gadget, misalnya, memberi akses nyaris tak terbatas ke semua informasi, layak maupun tidak. Celakanya, anak muda menikmati hal-hal berisiko itu, bahkan kecanduan. Sebagian karena tak mengerti, yang lain mengerti tetapi mengeraskan hati.
Apabila ada saudara kita sedang menghadapi bahaya serius terserbut, bantulah mereka. Memang, kita tidak bisa mengenal mereka dengan dalam karena keterbatasan kita masing-masing, tapi pedulilah dengan hidup dan masalah mereka masing-masing.
Orang tua juga memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan generasi muda. Menegur, membimbing, memberi pujian, memberi perhatian-perhatian kecil sebagai tanda dukungan, bersikap adil membagi kasih sayang, adalah juga cara-cara Allah mendidik dan menyirami benih kemanusiaan dalam kita untuk menjadi orang baik. Hendaknya orang tua mampu menggunakan pengalaman hidupnya untuk mendidik orang-orang muda menghargai proses dalam hidupnya. Yang terpenting adalah orang-orang muda dapat belajar dari hidup.
Untuk menghindari bahaya tersebut kita sebagai generasi muda harus selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yesus. Beberapa cara dapat dilakukan, seperti berdoa, rajin beribadah, membaca, dan mempelajari sabda Tuhan secara kontinu. Dalam 2 Tesalonika 1:3, Tuhan berfirman: “Ia akan menguatkan hatimu dan memelihara kamu terhadap yang jahat.”
Dihari pendidikan ini diharapkan kita sebagai generasi muda dapat lebih membentengi diri terhadap hal-hal yang dapat mendukakan hati Tuhan. Pendidikan sangat penting bagi generasi muda. Oleh karena itu, hendaklah kita selalu giat belajar untuk kesuksesan masa depan, namun juga jangan lupa senantiasa bersekutu dengan Tuhan. God bless us!
-DOFLAMINGO-

Iklan

Hari Buruh Internasional

Shallom PMKers!!
LAST PERFORMANCE COVER-picsay_1525153739566.pngKira-kira tahu nggak hari ini hari apa? Kaum buruh internasional, begitu juga di Tanah Air, pada hari ini, 1 Mei 2018 merayakan Hari Buruh Internasional (May Day). Di Indonesia sendiri, para buruh akan melakukan aksi turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasi demi kesejahteraan buruh. Aksi ini akan berlangsung hampir di semua daerah di Indonesia. Hari buruh adalah hari perayaan keberhasilan dan andil para pekerja dan buruh atas kemajuan ekonomi dan sosial di seluruh dunia. Hari buruh juga sering disebut sebagai May day karena selalu dirayakan pada tanggal 1 Mei setiap tahunnya. Tahun ini hari buruh jatuh pada hari Selasa tanggal 1 Mei 2018.
Asal usul hari buruh ini lahir berasal dari rentetan perjuangan para pekerja yang memperjuangkan hak-hak mereka saat kapitalisme tumbuh dan berkembang pesat di abad 19 lalu. Pada abad ke-19, perkembangan idustri yang sangat pesat memberikan perubahan yang sangat drastis terutama di negara Eropa Barat serta Amerika Serikat. Ketatnya disiplin serta jam kerja yang sangat intensif dan upah yang sangat minim serta kondisi kerja yang buruk melahirkan adanya perlawanan dari para pekerja. Di saat itu tututan utama dari para pekerja adalah waktu kerja yang lebih manusiawi yaitu delapan jam. Angka delapan jam ini diambil berdasarkan pembagian waktu 24 jam sehari menjadi: 8 jam kerja, 8 jam beristirahat dan 8 jam berekreasi.
Di Ibu Kota sendiri, para buruh akan menggelar aksi massa di depan Istana Negara, Jakarta. Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mengatakan, Hari Buruh Internasional 2018 harus dirayakan dengan riang gembira. Bahkan, dirinya berharap momentum tersebut dapat diisi dengan kegiatan-kegiatan positif dan tidak menyeramkan. Pada hari buruh ini para buruh diharapkan dapat menyampaikan semua keluhan mereka kepada pemerintah dan berharap pemerintah memperhatikan para pekerja di dalam negeri dan jangan memberikan perlakuan khusus kepada tenaga kerja asing sehingga langkah pengetatan serta pendataan harus segera dilakukan seperti FirmanNya dalam Ulangan 24:14 “Janganlah engkau memeras pekerja harian yang miskin dan menderita , baik ia saudaramu maupun seorang asing yang ada di negerimu, di dalam tempatmu.”
Salah satu upaya yang dapat kita lakukan untuk memenuhi aspirasi tersebut bahwa kita sebagai sesama manusia harus saling menghargai satu sama lain tanpa membeda-bedakan pekerjaan dan asal orang tersebut. Seperti yang kita tahu juga bahwa banyak buruh atau pekerja yang mungkin upahnya belum dibayar atau tidak dibayar padahal ia sudah bekerja sesuai tanggung jawabnya masing-masing. Kita sebagai umat Kristiani diingatkan kembali pada firman Allah yang terdapat di Matius 20:8 “Ketika hari malam  tuan itu berkata kepada mandurnya: Panggillah pekerja-pekerja itu dan bayarkan upah mereka, mulai dengan mereka yang masuk terakhir hingga mereka yang masuk terdahulu.” Dalam ayat ini Tuhan mengingatkan kita bahwa setiap keringat yang dikeluarkan dan upaya yang dilakukan oleh para pekerja untuk kita, kita harus menghargainya dengan memberikan upah yang kemudian upah itu ia berikan untuk kelangsungan hidupnya. Pesan penulis untuk PMKers semoga bisa jadi panutan ya buat orang lain untuk saling menghargai sesama terutama tidak merendahkan para buruh. Karena para buruh tetaplah manusia dan tidak pantas untuk direndahkan seperti Tuhan tidak pernah merendahkan para pekerjanya dan selalu mengasihinya dengan kasih. Selamat merayakan Hari Buruh PMKers!! #MayDayisFunDay!!
-AFSHEEN-

EARTH DAY

PMK A4 Landscape-picsay.pngEARTH DAY
Hallo PMKers tahu gak kira-kira hari ini hari apa? Hari ini hari yang penting banget loh buat kita sebagai manusia di dalam kehidupan ini. Yap! Hari ini adalah Hari Bumi Nasional. Tanggal 22 April setiap tahun diperingati di seluruh dunia sebagai Hari Bumi atau Earth Day. Sejarah mencatat, peringatan Hari Bumi (Earth Day) diselenggarakan pertama kali pada 22 April 1970 di Amerika Serikat. Penggagasnya adalah Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat dari Wisconsin yang juga pengajar lingkungan hidup.
Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dalam ayat Mazmur 65:9 “Engkau mengindahkan tanah itu, mengaruniainya kelimpahan, dan membuatnya sangat kaya. Batang air Allah yang penuh air. Engkau menyediakan gandum bagi mereka. Ya, demikianlah Engkau menyediakannya.”
Nah Google merayakan hari bumi dengan membuat Google Doodle yang di dalamnya menyatakan, kita harus menghargai sekaligus menaruh hormat terhadap bumi yang kaya dan luas. Bumi telah menyediakan banyak hal untuk generasi sebelum kita dan terus memelihara kehidupan serta mengilhami keajaiban. Dalam usianya yang diperkirakan sudah 4.543 juta tahun, bumi masih menjadi satu-satunya tempat di alam semesta yang sejauh manusia tahu bisa dihuni. Bumi juga diketahui sebagai planet paling padat di sistem tata surya dan planet terbesar di antara empat planet terestrial. Fakta-fakta menakjubkan tersebut hanya beberapa hal yang membuat bumi sangat layak diperingati setiap tahunnya lewat Hari Bumi.
Demikian Google melalui Google Doodle memberikan ulasan tentang Hari Bumi yang meceritakan kisah rubah yang bermimpi tentang bumi. Bumi yang ditinggalinya sudah penuh polusi dan berdampak sangat luas oleh perubahan iklim. Sang rubah terbangun dan terkejut dari tidurnya. Dia pun segera membuat langkah kecil dengan mengubah gaya hidupnya dan lebih peduli terhadap bumi. Sepanjang perjalananya sang rubah mengajak sejumlah temannya termasuk Momo si Kucing dan Kodok yang biasa hadir di Google Weather untuk memelihara kelestarian lingkungan.
Mereka berbagi tips memperingati Hari Bumi Mereka berjuang melawan aktivitas yang merusak lingkungan seperti perusakkan terumbu karang karena polutan. Ketiganya pun menginspirasi orang lain untuk mengurangi konsumsi daging, mengurangi pemakaian kendaraan bermotor, dan memutus sambungan listrik dari alat elektonik yang tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sunguh perbuatan yang sangat menginspirasi dari figure hewan-hewan kecil itu. Untuk itu, kita sebagai umat kristiani harus ikut turut serta melestarikan bumi mulai dari hal-hal sederhana seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak boros dalam penggunaan listrik dan air, dan lebih menggunakan bahan organic dari pada kimia. Semoga dengan perbuatan itu kita sudah turut andil dalam melestarikan bumi untuk masa depan kelak. Amin.

-AFSHEEN-

Refocil September 2017

cover-depan

We are proudly presenting REFOCIL September 2017 by Refomedia PMK FEB UNDIP, entitled “Family in Fellowship”.

Baca lebih lanjut

Susunan Kepengurusan Refomedia 2017

Shallom PMKers. Sudah tahu kan kalau kepengurusan Refomedia di bawah kepemimpinan Andika Tarigan sudah berjalan? Sudah pada tahu juga nggak sih siapa saja para pengurusnya? Kalau belum tahu yuk kita lihat siapa saja para pengurusnya … Baca lebih lanjut

Photography and Editing 2016

DSC08083

Shalommm PMKers!!!
Kalian masih ingat nggak sih acara Photography and Editing 2016 yang diadakan oleh Refomedia kemarin? Gimana seru enggak sih?? Atau malah kalian enggak ikutan? Aduhh enggak gaul nihh … hehehe… Untuk sekedar informasi aja nih Photography and Editing 2016 merupakan acara besar pada tahun ini yang diadakan oleh Refomedia. Acara ini merupakan bentuk pelatihan dan juga ajang lomba dalam bidang fotografi dan juga editing hasil-hasil foto. Mau tahu keseruan dalam Baca lebih lanjut

REFLECTION 2016

DSC07770

Syalom PMKers. Pernah dengar kata “nggak terasa ya? rasanyabaru aja kemaren jadi ….. ?” Kata-kata seperti itu sangat sering didengar ketika seseorang mengalami masa-masa akhir. Salah satunya ada di acara ibadah jumatan (18/11) kemarin. Banyak sekali orang yang hadir dan mengucapkan kata tersebut. Kebanyakan dari mereka adalah pengurus refomedia periode 2015/2016 yang pada hari itu juga akan memilih presiden baru refomedia untuk periode 2016/2017. Kegiatan pemilihan tersebut Baca lebih lanjut

Matamu Lebih Menakjubkan Dari Kamera

wpd

Manusia tumbuh setiap harinya, mulai dari bayi hingga tumbuh dewasa hingga tua. Begitu banyak cerita dan kejadian yang telah kita lewati, seperti cerita kita berjalan pertama kali, masuk ke sekolah pertama kalinya, masuk universitas yang diinginkan, dan masih banyak lainnya. Semua itu terekam dalam memori kita, hanya saja mungkin teringat samar-samar. Tak jarang untuk mengingatkannya kembali kita memerlukan suatu hal yang mengingatkan kita. Salah satunya adalah foto. Foto merupakan hasil jepretan kamera yang diabadikan dalam bentuk digital. Seringkali, foto digunakan sebagai alat untuk mengabadikan momen-momen berharga.

Baca lebih lanjut

HAPPY GRADUATION

Graduation-2

 

Ada kabar sukacita dari kakak/abang kita yang telah menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa dan mahasiswi FEB Universitas Diponegoro nih! Yup,27kakak/abang kita dari Persekutuan Mahasiswa Kristen Fakultas Ekonomika dan Bisnis sudah melaksanakan upacara wisuda pada tanggal 9-11 Agustus 2016.

Baca lebih lanjut

3rd Edition of E-Refo: YOU ARE LOVED YOU ARE CHOSEN

Untitled-1[1]

We are humbly presenting our third edition of E-magazine by Refomedia PMK FEB UNDIP, entitled “You Are Loved You Are Chosen”. Baca lebih lanjut